15 Ide Usaha Sampingan Untuk Ibu Rumah Tangga

Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga

Menjadi ibu rumah tangga tentu saja memiliki banyak tanggung jawab di rumah. Tanggung jawab seorang ibu rumah tangga dapat dalam bentuk memastikan semua bagian rumah bersih, memastikan anak terawat dengan baik, mencuci piring, memasak, mengantar jemput anak-anak sekolah, dan banyak lagi.

Hampir semua ibu rumah tangga mengerjakan pekerjaan rumah dari pagi hingga malam. Waktu luang biasanya ibu gunakan untuk beristirahat. Namun, tidak menghalangi untuk ibu rumah tangga tetap mendapatkan penghasilan. Caranya adalah dengan menjalankan bisnis usaha sampingan ibu rumah tangga.

 

15 Ide Usaha Sampingan

Menjalankan bisnis sampingan adalah pekerjaan yang sangat fleksibel, sehingga waktu para ibu untuk merawat rumah tidak akan terganggu. Selain menjalankan bisnis, ibu juga dapat melakukan pekerjaan freelance yang juga bersifat fleksibel.

Berikut ini adalah 15 ide bisnis sampingan atau pekerjaan yang dapat dicoba oleh ibu rumah tangga, diantaranya:

1. Reseller dan Dropship

Di sela-sela waktu luang, ibu dapat menjalankan reseller atau bisnis sampingan dropship yang keuntungannya cukup besar jika ibu rajin. Produk apa pun dapat dicoba menjalankan bisnis reseller ini, seperti pakaian anak-anak, kosmetik, pakaian dewasa, makanan, dan sebagainya.

Anda hanya perlu aktif di internet, baik di media sosial maupun market place untuk menawarkan produk yang Anda jual dari perusahaan. Barang yang dijual kembali ini juga dapat Anda tawarkan secara offline kepada tetangga atau teman.

BACA JUGA  Harga Bibit Koi 10-15 cm

2. Jasa Rias

Mungkin semua wanita bisa berdandan, tetapi tidak untuk semua acara memungkinkan wanita untuk berdandan sendiri. Misalnya, pernikahan, kelulusan, pemotretan, dan acara lainnya. Anda dapat mencoba menjalankan bisnis sampingan jasa makeup yang cukup fleksibel dan tidak membuang banyak waktu.

 

3. Katering

Bisnis saat ini telah melakukan banyak dilakukan oleh ibu rumah tangga karena cukup menjanjikan, selama ada orang yang membutuhkan layanan ini untuk mempersiapkan konsumsi di acara yang mereka adakan.

Baik untuk acara pernikahan, pengajian, arisan, pertemuan, rapat, tentu akan membutuhkan konsumsi. Bisnis sampingan ini memiliki potensi untuk memberi seorang ibu rumah tangga kesempatan untuk mendapatkan lebih banyak pendapatan. Karena bisnis makanan adalah bisnis yang dapat memberikan keuntungan besar.

Saat mengerjakan pesanan katering, ibu juga dapat menyiapkan makanan di rumah untuk suami dan anak-anak.

 

4. Berjualan Online

Mirip seperti reseller, hanya saja ruang lingkup penjualan bisnis online cukup luas. Ibu dapat menjual produk buatan tangan atau produk buatan sendiri lainnya. Menjalankan bisnis ini terbilang cukup mudah. Karena sekarang ada banyak situs market place yang dapat diandalkan, banyak pengguna, dan tidak berbayar.

5. Penulis Freelance

Bagi Anda yang suka menulis atau memiliki latar belakang di bidang penulisan dapat menjadi penulis lepas yang juga menguntungkan. Bisnis ini dapat dilakukan saat semua pekerjaan rumah selesai. Misalnya di malam hari atau di waktu luang.

Di era digital ini banyak perusahaan menggunakan situs web atau aplikasi yang membutuhkan artikel dari penulis lepas.

6. Voice Over Artist

Jika ibu memiliki suara merdu, Anda dapat meminjamkan suara untuk karya seni besar. Seperti buku audio, jingle radio, dan sebagainya.

BACA JUGA  Ordera meningkat dengan TikTok Shop

7. Membuat Tas

Pengembangan bisnis fashion yang meningkat setiap hari, menjadi peluang untuk menambah pendapatan bagi ibu rumah tangga. Karena hampir semua produk fashion, selalu diminati oleh konsumen.

Demikian juga dengan produk tas, sekarang tas tidak hanya kebutuhan untuk sekolah atau pekerjaan. Tetapi sudah menjadi bagian dari fashion yang sangat dicintai oleh konsumen. Sebelum memulai bisnis ini, sebaiknya persiapkan terlebih dahulu modalnya, baik uang maupun keterampilan. Anda juga perlu menemukan mitra untuk bekerja bersama, mulai dari bahan baku hingga pemasaran.

8. Bisnis Spa

Jika Anda memiliki keterampilan untuk perawatan tubuh dan layanan spa, maka tidak ada salahnya membuka bisnis spa. Tidak perlu langsung besar dan mewah, Anda dapat membuka perawatan di rumah yang unik atau spa dengan harga yang lebih terjangkau daripada salon kecantikan di sekitar rumah Anda.

9. Bisnis DayCare

Bisnis daycare ini sedang marak di kota besar. Keberadaan penitipan anak dapat menjadi solusi untuk pengasuhan anak bagi orang tua yang bekerja. Selain itu, bisnis ini juga dapat membawa keuntungan yang lumayan. Untuk penitipan anak kelas menengah atas, margin bisnis dapat mencapai 40-45%. Adapun kelas menengah ke bawah, margin bisnis dapat mencapai 20%.

10. Desain Grafis

Desain grafis adalah proses kreatif yang tersebar dalam segala hal. Mulai dari situs web, interface sebuah aplikasi hingga pengemasan produk. Tangan berbakat dari seorang desainer grafis muncul di mana-mana. Ini bisa menjadi karier yang memuaskan, juga menantang. Dengan komputer dan aplikasi desain, seperti Adobe Photoshop dan Adobe Illustrator, Anda dapat mulai belajar dan membuat desain sendiri.

11. Bisnis Bimbingan Belajar

Jika Anda suka mengajar dan memiliki kemampuan akademik yang baik dalam mata pelajaran tertentu, maka Anda dapat membuka tempat bimbingan belajar untuk anak-anak sekolah di sekitar rumah. Pastikan Anda memiliki kemampuan akademik dan kepercayaan diri yang kuat untuk menjalankan bisnis ini.

BACA JUGA  Manfaat Menggunakan Herbal Asmavit untuk Penyakit Asma

12. Bisnis Menjahit

Jika Anda memiliki keterampilan menjahit, Anda dapat membuka layanan jahit pakaian. Layanan menjahit pakaian ini masih banyak dicari oleh orang-orang karena beberapa orang sering tidak memiliki ukuran yang cocok untuk tubuh mereka. Terutama jika Anda dapat meningkatkan kemampuan tambahan seperti menjahit berbagai model kebaya atau memiliki keterampilan bordir. Ini pasti akan menjadi nilai tambah.

13. Toko Kelontong

Membuka toko kelontong atau toko serba ada adalah salah satu hal yang sangat mungkin dilakukan ibu rumah tangga sambil mengurus rumah, terutama bagi mereka yang tinggal di lingkungan perumahan.

Biasanya orang membutuhkan sesuatu dalam skala kecil dan malas untuk membeli barang di toko besar karena jaraknya jauh. Di sini fungsi toko kelontong yang menjual berbagai barang dagangan. Modalnya juga tidak terlalu besar jika Anda membukanya di rumah.

14. Bisnis Toko Roti

Bagi Anda yang suka membuat makanan ringan, kue, maupun jajanan pasar lainnya bisa dijadikan sebagai modal membuka toko roti. Agar konsumen lebih tertarik, Anda dapat membuat kue ulang tahun dengan topping yang indah dan menarik.

 

15. Jasa Laundry Kiloan

Potensi bisnis binatu saat ini berkembang pesat, terutama untuk Anda yang tinggal di kota-kota besar. Jika Anda ingin membuka bisnis laundry kiloan, modal awal yang dibutuhkan tidak terlalu besar. Dengan satu mesin cuci serta kamar kecil tempat pelanggan menerima atau menyerahkan pakaian, bisnis ini benar-benar dapat berjalan.

Anda mungkin hanya perlu memperhatikan lokasi sehingga bisnis dapat bertahan lama. Beberapa lokasi strategis yang bisa ditargetkan adalah kampus, kost-kostan, hingga area perkantoran.