Ketahui Beberapa Hal seperti Cek Harga, Cek Ongkir Ke Malaysia, sampai Cek Bea cukai Sebelum Kirim Barang ke Luar Negeri

Sebelum anda mulai mengirimkan barang keluar negeri, ada baiknya jika anda mengatur strategi khusus dahulu. Misalnya dengan memulai ekspansi ke beberapa negara tetangga terlebih dahulu. Bisa Dimulai dengan negara dalam kawasan Asia Tenggara, seperti di Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, sampai dengan Thailand. Tapi kenapa harus dilakukan secara perlahan dan bertahap? 

Tentunya cara ini akan memungkinkan anda untuk memahami bagaimana cara dan aturan-aturan yang akan berlaku tentang mengirim barang luar negeri. Setelahnya anda dapat melakukan evaluasi dari banyaknya pengiriman yang sudah dilakukan. Seperti mencatat mana negara yang memiliki cara pengiriman tersulit, atau berapa ongkir ke malaysia dan negara sekitarnya, maupun hal hal lain.

Jika anda masih bingung, berikut beberapa evaluasi yang bisa anda lakukan, yaitu,

Mengecek Harga yang Dibutuhkan

Tentunya jangan sampai jika proses pengiriman barang anda ke luar negeri akan terhambat karena harga. Anda dapat melihat tarif yang digunakan untuk mengirim paket dari Indonesia ke negara lain dahulu. 

Biasanya hal ini dapat anda lihat dengan melalui website resmi dari jasa ekspedisi tersebut. Ada juga beberapa website yang lain yang akan menyediakan layanan khusus untuk periksa tarif harga dengan Kalkulator khusus yang dapat menaksir tarif berdasarkan dari berapa bobot paket mailun dokumen dan juga tanggal pengirimannya. 

Tapi fitur Cek harga serta “Kalkulator” ini nyatanya akan mempunyai perbedaan fungsi juga. Fitur cek harga akan memungkinkan anda untuk melihat berapa harga umum saat pengiriman paket maupun dokumen. Sementara dengan Kalkulator ini tentunya akan memberi berbagai informasi dengan lebih rinci dan juga spesifik juga akurat mengenai berapa biaya pengiriman atau ongkir ke malaysia dan negara lain yang perlu dilunasi. 

BACA JUGA  Waskita Karya Dukung Proses Restrukturisasi

Setelah anda yakin dengan memilih suatu jasa ekspedisi, anda dapat langsung mengirim barang. Tidak perlu repot lagi untuk antar barang ke kantor maupun gudang ekspedisi, karena ada beberapa jasa pengiriman barang yang telah menyediakan layanan mengambil Paket dari tempat anda tinggal.

Biaya Ongkir ke Malaysia atau Negara Lain 

Biasanya hal yang sudah sering menjadi pertanyaan adalah “berapa sih biaya ongkos kirim ke luar negeri? Mahal atau tidak jika ingin mengirim barang ke luar negeri?” 

Nah, untuk menjawab pertanyaan itu, sebenarnya tarif ongkir ke malaysia atau negara lain akan terkandung dengan kebijakan layanan ekspedisi yang anda pilih 

Beberapa ekspedisi akan mempunyai metode pilihan layanan dengan pengiriman yang cukup menarik. Misalnya terdapat potongan harga ongkir jika akan akan menggunakan layanan online, maupun potongan harga jika anda akan melakukan pembayaran dengan transfer dari bank tertentu. 

Harga ongkir biasanya juga akan tergantung dari berat barang yang nantinya dikirim serta kemana tujuan pengiriman barang tersebut 

Jalur pengiriman ke luar negeri 

Perlu juga anda ketahui jika pengiriman paket luar negeri akan menggunakan sebagai dua jalur, yaitu dengan lewat laut maupun udara. Keduanya juga mempunyai kelebihan dan juga kekurangan masing-masing. 

Pengiriman via jalur laut 

Jika anda akan mengirim paket maupun dokumen lewat jalur laut, nanti pasti akan menggunakan kapal besar pengangkut barang atau biasa disebut kapal Kargo. Biasanya barang tersebut akan dikirim lalu disimpan ke dalam kontainer besar yang ada pada atas kapal. 

Kontainer satu ini akan berisi barang-barang yang nyanyi nya dikirim ke luar negeri dengan tarif ongkir ke malaysia atau negara lain yang akan jauh lebih murah daripada pengiriman via udara.

BACA JUGA  Cara Menanam Pohon Pule

Pengiriman via jalur udara 

Untuk pengiriman paket via jalur udara ini biasanya akan menggunakan pesawat agar dapat sampai ke luar negeri. Pengiriman paket satu ini akan cocok jika digunakan saat mengirim hal yang mendesak. Artinya, anda akan membutuhkan barang kiriman cepat sampai tujuan dengan waktu singkat. 

Karena pengiriman via jalur udara biasanya kuantitasnya akan cukup terbatas tanpa perlu mengumpulkan barang kiriman dahulu sampai sudah penuh.

Biaya pajak maupun Bea cukai 

Selain itu, ada baiknya jika anda mencari tahu dahulu mengenai ketentuan mengirim barang ke negara tujuan anda. Karena masing-masing negara biasanya akan memiliki aturan tersendiri tentang batas maksimum, biaya pajak sampai dengan bea cukai pada barang yang nantinya akan masuk ke negara mereka itu. 

Tapi bukan tidak mungkin jika terdapat ada beberapa barang maupun tujuan negara yang sama sekali tidak akan mengeluarkan biaya untuk pajak. Semua tentu akan tergantung dengan apa barang yang akan dikirim juga dimana negara tujuan. 

Perlu diingat untuk biaya pajak serta bea cukai atas barang yang akan dikirim, biasanya si penerima yang harus menjadi penanggung biayanya. Jadi bukan pengirim barang yang dibebankan untuk memenuhi biaya pajak ini.

Setelah memahami beberapa hal diatas, Anda bisa mulai mencari-cari jasa kirim paket ke luar negeri paling murah untuk mengirimkan barang dengan ongkir ke malaysia atau negara lain yang cukup terjangkau. Terdapat banyak jasa pengiriman yang dapat anda pilih, tapi anda dapat memilih SAI Trans Indonesia untuk pengalaman pengiriman yang terbaik.