Review tentang Hyundai Santa FE Terbaru 2022 Mesin Diesel

Di artikel kali ini kami akan lakukan reveiw tentang Hyundai Santa Fe terbaru. Hal ini pastinya sangat menarik sebab mobil SUV 7-seater asal negera Korea Selatan ini sejatinya memiliki desain yang elegan serta didukung tampilan kabin yang elegan dan fitur yang modern.

Dengan melakukan pengujian performa mesin mesin, konsumsi bahan bakar, kenyamanan berkendara serta mencoba fitur-fitur yang tersedia. Kami mencoba test drive Hyundai Sant Fe untuk menelusuri jalanan ibu kota, juga melakukan perjalanan ke Anyer.

Hal ini bertujuan untuk mencoba berbagai tantangan seperti yang kami sebutkan tadi. Nah, untuk unit yang kami review adalah Hyundai Santa Fe Signature 2.2 8DCT atau varian tertinggi seharga Rp 729 juta (OTR Jakarta). Bagaimana review Hyundai Santa FE Diesel terbaru ini?  Buat kamu yang penasaran, yuk simak bahasannya berikut ini!

Desain eksterior Hyundai Santa Fe memang terlihat lebih elegan dan modern apabila dibandingkan para rivalnya seperti Pajero Sport atau Fortuner. Hal tersebut bisa terlihat dari tongkrongannya yang tidak terlalu tinggi seperti para rivalnya. Di samping itu, kombinasi desain grill, headlamp serta lekukan pada bumpernya juga terlihat modern. Begitu pula dengan tampilan samping dan belakangnya yang terlihat selaras dan proporsional. Dalam mendukung penampilannya, disematkan velg alloy berukuran 18 inchi yang dibalut ban dengan profil 235/60R18.Sementara untuk dimensinya mempunyai panjang 4.785 mm, lebar 1.900 mm dan tinggi 1.710 mm. Lalu untuk wheelbase ada di angka 2.765 mm serta ground clearance 176 mm.

  • Review Fitur Modern pada Kabin Interior

Salah satu yang kami rasakan istimewa dari Hyundai Santa Fe Diesel, salah satunya adalah lewat kemunculan banyak fitur canggih. Kesan modern langsung menyambut ketika mesin mobil akan diaktifkan. Kini dapat dilakukan dengan remote dari luar mobil. Caranya yaitu cukup tekan tombol lock yang ada di remote, sekitar empat detik. Selanjutnya mesin otomatis aktif  beserta AC mobil. Dengan begitu, saat masuk ke dalam kabin SUV 7-seater tersebut rasanya sudah sejuk. Interior dari Hyundai Santa Fe 2022 juga sangat istimewa. Dengan ciri khasnya kemunculan warna interior kombinasi cokelat terang dan hitam. Selain itu, hadir pula fitur-fitur seperti panel instrument TFT 12,3 inci dan wireless phone charging. Ditambah jok baris pertamanya cukup besar dan dibalut kulit bermotif wajik.

  • Review Fitur Keselamatan yang dapat Diandalkan

Fitur keselamatan lewat kemunculan lane keeping assist (LKA), lane following assist (LFA), safe exit assist (SEA), rear cross-traffic collision-avoidance assist (RCCA), forward collision-avoidance assist (FCA), dan blind-spot collision-avoidance assist (BCA). Dalam melakukan test drive Santa Fe Diesel terbaru ini, kami merasakan bantuan aktif dari fitur BCA yang mampu mendeteksi adanya kendaraan lain di titik buta. BCA aktif ketika pengendara mengaktifkan lampu sein, lalu otomatis panel instrument TFT berubah tampilan jadi layaknya kaca spion tapi dengan pandangan lebih luas. Hasilnya, sangat mudah untuk mendeteksi situasi di belakang mobil.

  • Review Performa Mesin

Di atas kertas, mesin Santa Fe Diesel dapat melontarkan torsi puncak 441 Nm pada 1.750 – 2.750 rpm dan tenaga maksimal 202 PS pada 3.800 rpm. Kami mencoba sendiri dengan mode berkendara sport, lalu menginjak pedal gasnya dalam-dalam. Hasilnya, mobil langsung melesat cepat, bahkan membuat sensasi tubuh agak terhempas. Tembus dengan kecepatan 100 Km/jam sungguh bukan hal sulit. Bahkan saat sudah tembus 120 Km/jam, rasanya pun masih terasa sangat nyaman. Terlebih, saat kami menguji mobil ini dengan cara drag race berjarak 201 meter, Santa Fe mampu meraih waktu 10,3 detik. Sedangkan untuk akselerasi 0-100 km/jam bisa tembus di angka 8,2 detik.

  • Review Konsumsi BBM

Selanjutnya, kami juga melakukan pengujian konsumsi bahan bakar. Adapula jarak tempuh dalam pengujian konsumsi BBM ini adalah sejauh 106 kilometer. Hasilnya, setelah melewati jalan tol dan perkampungan, konsumsi BBM berdasarkan MID dari mobil SUV 7-seater ini tercatat 19,8 km/liter untuk jalan tol dan 12,8 km/liter untuk rute dalam kota.

  • Review Harga Hyundai Santa Fe Diesel 2022

Harga dari mobil ini dibanderol Rp 729 juta (OTR Jakarta) untuk varian Signature 2.2 8DCT. Harganya memang cukup mahal untuk SUV diesel di kelasnya. Ditambah lagi Santa Fe belum memiliki fitur ACC, lalu sistem penggerak semua roda juga tidak ada. Hyundai Santa Fe Diesel masih mengandalkan penggerak roda depan sebagai andalan. dan penggerak 4×4. Nah, bagaimana apa kamu tertarik dengan Hyundai Santa FE?

BACA JUGA  Apa Saja yang Dipelajari dalam Pelatihan dan Sertifikasi K3 Umum?

Bagi kamu yang tertarik dengan Hyundai Santa Fe, kamu bisa mengunjungi Hyundai MotorStudio di Senayan Park, yaitu tempat di mana pengunjung bisa melihat mobil konsep Eco Driving. Selain itu, kamu juga bisa melakukan test drive untuk mobil yang kamu pilih, sehingga kamu bisa langsung mencoba mobilnya di sana.