Cara Menghitung Kalori Makanan Yang Benar Ala SehatQ

Untuk Anda yang biasa diet asal-asalan, tentu saja akan berujung pada kegiatan menurunkan berat badan yang tidak sukses. Salah satu cara untuk membuat kegiatan diet Anda jadi sukses adalah dengan mengetahui hitungan kalori makanan harian yang masuk ke dalam tubuh. Untuk itu Anda perlu tahu cara menghitung kalori makanan terlebih dahulu.

Diet dengan defisit kalori maka anda harus mengetahui kalori yang dibakar lebih banyak dari kalori yang masuk ke tubuh. Diawali dengan, harus paham jumlah kalori yang ada di dalam makanan.

Cara Menghitung Kalori Makanan

Setiap orang membutuhkan kalori yang berbeda-beda sebagai sumber energi. Kelebihan kalori akan disimpan dalam bentuk lemak dan jika terus menerus terjadi bisa menyebabkan kenaikan berat badan. Maka dari itu, perlu adanya konsumsi kalori yang lebih sedikit untuk mengurangi tumpukan lemak dan inilah inti dari defisit kalori. Berikut beberapa cara menghitung kalori makanan yang tepat.

1. Pakai Aplikasi Penghitung Kalori Makanan

Di zaman yang serba canggih seperti sekarang, Anda tidak perlu repot menghitung secara manual untuk kalori harian yang masuk ke dalam tubuh. Anda bisa gunakan aplikasi penghitung kalori makanan untuk dijadikan acuan. Aplikasi ini mudah digunakan dan anda bisa langsung mendapatkan hasil hitungan kalori yang cukup akurat.

Cara pemakaiannya dengan memasukkan nama makanan atau minuman yang dikonsumsi setelah itu Anda bisa melihat jumlah kalori yang ada pada menu. Penghitungan kalori yang mudah juga bisa dilakukan dengan mengetahui jumlah kalori makanan lewat mengukur atau menimbangnya.

BACA JUGA  Tempat Rental Mobil Lampung Sukabumi Termasuk Driver

2. Baca Informasi  Nilai Gizi

Jika Anda membeli makanan kemasan biasanya sudah tertera informasi nilai gizi pada kemasan tersebut. Biasanya yang tertera pada bagian belakang kemasan adalah jumlah kalori per sajian, jumlah lemak, protein, karbohidrat dan masih banyak lagi mikronutrisi lainnya.

Saat membaca label makanan jumlah kalori yang ditulis biasanya hanya kalori persaji dan tidak semua makanan dibuat untuk satu kali saja dalam satu bungkus. Maka dari itu Anda wajib mencari informasi jumlah sajian perbungkus lalu kalikan dengan jumlah kalori persaji agar bisa mendapatkan total kalori dalam satu bungkus makanan.

3. Gunakan Gelas Ukur

Cara menghitung kalori makanan, yang juga cukup akurat bisa dengan cara manual menggunakan gelas ukur. Menggunakan gelas ukur ini, berarti Anda harus menimbang makanan. Anda bisa lihat jenis makanan yang dikonsumsi lalu cocokkan dengan data kalori di aplikasi.

Pakai gelas ukur, juga cukup mudah namun kurang efisien karena butuh banyak waktu dan tidak bisa dilakukan ketika. Bisa juga lakukan pengukuran dengan menggunakan sendok makanan untuk menghitung kalori makanan. Contohnya untuk satu sendok makan nasi putih kalorinya setara dengan 13 kkal.

4. Lakukan Perbandingan

Ketika sedang tidak di rumah namun tetap ingin menghitung kalori makanan caranya cukup mudah. Misalnya ketika Anda sedang di tempat makan seperti restoran lakukan perbandingan kalori makanan dengan hal-hal lain yang lebih mudah ditemukan di keseharian.

Namun cara ini memang kurang akurat apalagi jika Anda sedang diet ketat. Untuk itu bisa juga dengan menghitung melakukan perbandingan 1 porsi nasi dengan pasta sebanyak 100 gram, cara membandingkannya yaitu sebesar mouse komputer atau satu genggam penuh.

BACA JUGA  5 Lembaga Finansial yang Bisa Bantu Lipat Gandakan Uang dengan Investasi Modal Kecil

Perbandingan buah-buahan bisa dicocokkan antara satu porsi buah segar yang beratnya 100 gram dengan sebesar bola tenis atau misalnya satu porsi sayuran potong yang setara dengan berat 75 gram dibandingkan dengan sebesar mouse komputer.

Itu tadi beberapa cara hitung kalori makanan yang cukup akurat. Dapatkan informasi lebih lengkap untuk hitungan kalori makanan lewat artikel kesehatan di SehatQ.  Kunjungi platform ini baik lewat aplikasi maupun website resminya.