Alat Khusus Otomotif: Dongkrak Lantai, Dudukan Dongkrak, dan Penarik Roda Kemudi

Saat mengerjakan mobil Anda, Anda mungkin perlu mengganti bannya, memeriksa bagian bawahnya, atau bahkan melepas roda kemudinya. Tugas-tugas ini membutuhkan alat khusus. Kami telah membahas beberapa yang paling umum dalam artikel ini.

 

Jack Lantai

Kursus Mengemudi Pekanbaru – Dongkrak lantai adalah alat tangan yang menggunakan hidrolika untuk mengangkat dan menurunkan mobil. Piston horizontal dongkrak lantai mendorong ujung pendek engkol lonceng sementara lengan memanjang memberikan gerakan vertikal ke bantalan pengangkat.

Dongkrak lantai paling sering digunakan untuk penggantian ban dan untuk memeriksa sistem rem, pipa knalpot, dan bagian bawah mobil. Mereka biasanya terlihat di pit-stop selama balapan mobil.

Semua jack lantai memiliki daya dukung tertentu, biasanya antara dua dan dua puluh ton. Yang digunakan untuk perawatan kendaraan berat memiliki roda sehingga dapat dengan mudah bermanuver saat ditempatkan di bawah rangka kendaraan. Dongkrak lantai semacam itu juga dapat diperpanjang secara signifikan dan memberikan profil rendah saat runtuh.

 

Jack Berdiri

Dudukan jack digunakan untuk menopang mobil saat Anda bekerja di bawahnya. Meskipun sangat berguna, penting untuk menempatkannya dengan benar untuk memastikan keselamatan kerja.

Proses menopang mobil dengan dongkrak dimulai dengan menyetel rem parkir dan persneling. Kemudian, mobil harus diangkat ke tingkat yang diinginkan menggunakan dongkrak lantai. Setelah ini, dongkrak harus ditempatkan pada posisi yang benar di bawah mobil. Dengan menggunakan dongkrak lantai, mobil harus diturunkan perlahan-lahan sampai berhenti dengan kuat pada dudukan dongkrak. Untuk memverifikasi bahwa mobil diseimbangkan dengan benar, mekanik dapat bersandar pada bempernya dan mengguncangnya. Jika bergetar, dia perlu memposisikannya kembali.

 

Penarik Roda Kemudi

Roda kemudi tidak perlu dilepas sesering ban perlu diganti. Tetapi, jika mereka melakukannya, penting untuk menggunakan alat yang tepat untuk mereka. Alat ini adalah penarik roda kemudi.

BACA JUGA  Bubur Nestle Terbaik tahun 2022

Penarik roda kemudi adalah alat tangan hemat biaya yang melepaskan mur tengah roda kemudi sehingga dapat dilepas dengan mudah. Untuk memulai, penarik harus ditempatkan di atas hub tengah roda kemudi. Baut yang menyertainya harus dimasukkan ke dalam lubang roda dan dikencangkan. Penarik memegang hub tengah sambil mengencangkan baut mendorong roda dari kolom kemudi.

Sebagai langkah pengamanan, aki mobil harus dicabut sebelum memulai proses pelepasan setir. Untuk mencegah klakson berbunyi, mekanismenya harus dinonaktifkan terlebih dahulu.

Sementara alat khusus otomotif di atas sangat berfungsi baik untuk mekanik maupun pekerja mandiri, manual harus dibaca dan petunjuk diikuti untuk menghindari kecelakaan saat mengotak-atik mobil.

Matco Tools menawarkan berbagai macam perkakas tangan profesional, perkakas listrik, perlengkapan servis otomotif & Kotak Penyimpanan Alat. Kami memproduksi kotak alat kualitas terbaik dari setiap ukuran, bentuk dan warna yang dapat Anda bayangkan adalah yang terbaik dalam bisnis yang dibuat khusus untuk memenuhi setiap kebutuhan Anda.