Cara Mengatasi Izin Usaha Oss Belum Efektif

Istilah izin usaha oss merupakan proses untuk memperoleh sebuah izin usaha secara on line, yang sebelumnya didapatkan dengan hadir secara langsung. Sehingga sistem oss ini akan mempermudah untuk memperoleh sebuah izin usaha secara on line di masa pandemi. Permasalahan yang kerap muncul yakni izin usaha oss belum efektif saat diterbitkan oleh pemerintah.

Permasalahan tersebut akan berdampak pada usaha yang belum disetujui secara resmi, sehingga kelegalitasan badan usaha tersebut masih belum legal. Tentunya akan menghambat segala proses di dalam badan usaha tersebut, termasuk tidak boleh menjalan usaha. Simak penyebab dan cara mengatasi izin usaha oss yang belum efektif berikut!

Penyebab Izin Usaha OSS Belum Efektif

Banyak dari kalangan pengusaha yang pusing saat dihadapkan pada surat edaran izin usaha yang belum efektif. Padahal apabila ditelisik sudah memenuhi segala persyaratan yang dibutuhkan pada saat proses pendaftaran. Sehingga para pelaku usaha mengalami kebingungan dalam menyelesaikan proses pengajuan izin usaha yang dimiliki, berikut beberapa penyebabnya antara lain:

  • Kesalahan dalam pengisian data.

  • Proses pengisian data yang tidak didampingi oleh pihak DPMPTSP.

  • Kesalahan dalam Pemilihan komitmen usaha dan izin lokasi.

Kesalahan di atas bisa menjadi penyebab izin usaha yang diterbitkan menjadi belum efektif. Lantas apa yang sebaiknya dilakukan? Tentunya para pelaku usaha harus melakukan perbaikan dengan mengirimkan data yang benar. Sehingga kemungkinan proses perolehan izin usaha juga akan semakin lama.

BACA JUGA  Menyimak Variasi Chain Block

Cara Mengatasi Izin Usaha OSS yang Belum Efektif

Setelah mengetahui beberapa penyebab izin usaha oss berstatus belum efektif, maka harus dilakukan ralat atau perubahan data yang sebelumnya dikirimkan. Tentunya bagi yang belum terlanjur mengisi data maupun yang masih berniat untuk membuat izin usaha harus mengikuti beberapa cara tertentu. Simak uraian dibawah ini dengan seksama!

1. Memastikan Pemenuhan Komitmen Terhadap Jenis Bisnis yang Diajukan

Pemenuhan komitmen terhadap jenis bisnis ini berkaitan dengan orientasi badan usaha yang diajukan. Orientasi ini nantinya akan berpengaruh pada pemilihan jenis atau tipe izin usaha. Sehingga perlu untuk mengenali terlebih dahulu jenis atau tipe izin usaha yang akan diproses dalam pengajuan pemenuhan komitmen.

Jenis atau tipe pemenuhan komitmen dalam sebuah izin usaha memiliki 4 tipe. Setiap tipe memiliki kriteria serta ketentuan yang berlaku. Beberapa jenis atau tipe pemenuhan komitmen izin usaha antara lain: tipe tanpa pemenuhan komitmen , tipe persyaratan biaya, serta tipe persyaratan teknis dan biaya, tipe dengan persyaratan teknis.

Info Lainnya : Bagaimana Cara Mendaftarkan Produk ke BPOM? Yuk Kita Ulas!

2. Memberikan Kepastian Terhadap Izin Prasarana yang Telah Terpenuhi

Kesalahan dalam input prasarana sebuah perusahaan dapat menyebabkan Izin usaha oss belum efektif, dikarenakan tidak terpenuhinya izin lokasi perairan, lingkungan, izin mendirikan bangunan. Sehingga berpengaruh pada surat izin yang akan diterbitkan menjadi belum efektif. Pengisian data juga harus dilakukan dengan tepat dan benar, semisal dalam hal status bangunan sewa dan bukan sewa.

Data yang diunggah juga sebaiknya tidak menimbulkan sebuah pertanyaan yang dapat menimbulkan kekeliruan di dalamnya. Surat perizinan hendaknya dipersiapkan juga dalam proses pengisian data agar mempermudah proses upload file ke dalam sistem oss. Sehingga kesalahan dalam pengisian data berkaitan dengan izin lokasi, IMB, lingkungan maupun perairan akan dapat diminimalisir.

BACA JUGA  7 Cara Membantu Memastikan Kesuksesan Bisnis Anda

3. Melakukan Pencocokan Data Domisili Izin Usaha yang Sesuai

Kesesuaian antara data domisili milik pemerintah daerah dengan surat izin yang diunggah akan sangat berpengaruh pada surat izin yang diajukan. Perlu untuk jeli dan berhati – hati dalam pengisian ini salah sedikit saja akan menyebabkan surat izin menjadi belum efektif. Proses dalam mengajukan surat izin usaha ini harus mencantumkan alamat yang sesuai dan benar.

Sehingga perlu untuk melakukan pengecekan terlebih dahulu pada bagian tata ruang dan peraturan zonasi. Berdasarkan hal tersebut akan diketahui secara pasti sesuai tidaknya data pemerintah dengan data yang dimiliki oleh badan usaha tersebut. Sehingga proses pengajuan surat izin ini dapat menghasilkan surat izin yang efektif sebagaimana mestinya.

Demikian ulasan yang dapat diuraikan berkaitan dengan penyebab dan cara mengatasi surat izin usaha oss belum efektif. Semoga dapat membantu dalam mencari informasi berkaitan dengan permasalahan surat izin usaha. Sehingga bisa memberikan solusi serta pencerahan bagi yang mengalami permasalahan seperti yang telah dijelaskan di atas.

Dapatkan artikel menarik lainnya di blog https://www.bangizaltoy.com