7 Manfaat dari Secangkir Kopi Hitam bagi Kesehatan

Kopi adalah salah satu minuman yang paling disukai oleh orang-orang di berbagai belahan dunia. Minuman ini bisa disajikan dalam keadaan dingin atau panas, dicampur dengan berbagai bahan lain seperti susu dan gula, atau diseduh langsung tanpa keduanya. Kopi hitam sebenarnya memiliki beragam manfaat terutama saat tidak dicampur gula. Beberapa manfaatnya yaitu sebagai berikut.

1.   Meningkatkan Imunitas Tubuh

Kopi bebas gula mengandung kafein yang meningkatkan kekebalan imunitas tubuh. Kafein bertindak sebagai imunomodulator. Ini adalah zat yang membantu mendukung fungsi imun dengan menyiapkan respons tubuh terhadap ancaman.

Sekitar 250 ml kopi murni atau hitam yang baru diseduh adalah jumlah yang aman untuk orang dewasa tanpa penyakit bawaan. Di sisi lain, orang muda di bawah usia 18 tahun tidak boleh minum lebih dari satu cangkir kopi (100 mg kafein) setiap hari. Takaran yang tepat akan baik bagi imunitas tubuh.

2.   Mengandung Antioksidan

Kopi dikenal sebagai salah satu sumber antioksidan terbesar. Antioksidan ini disebut juga quinones. Mereka dapat membantu orang dalam menangani berbagai masalah kesehatan.

Antioksidan lain dalam kopi termasuk asam hidrosinamat dan polifenol. Anda dapat melawan radikal bebas dalam tubuh Anda. Kandungan ini sangat baik dan memiliki fungsi antioksidan tinggi.

3.   Membantu Proses Diet

Kopi dapat meningkatkan metabolisme tubuh Anda dan sebaiknya diminum sebelum dan sesudah workout. Kopi membantu pembakaran lemak sehingga membantu Anda menurunkan berat badan. Pembakaran lemak yang cepat akan membuat proses diet lebih cepat dan sehat dalam dosis sesuai.

4.   Melancarkan BAB 

Kopi yang diseduh tanpa gula bisa menyebabkan buang air besar lancar. Kopi merangsang pergerakan otot usus besar yang mendorong secara peristaltic, sehingga menyebabkan buang air besar lebih lancar. Kopi telah terbukti merangsang motilitas gastrointestinal, sehingga meningkatkan sistem pencernaan dan ekskresi.

BACA JUGA  Maksud dan Pengertian Kata kata Mutiara

5.   Menurunkan Resiko Diabetes

Minum kopi dapat meminimalkan resiko terkena diabetes tipe 2. Sebuah studi Universitas Harvard menunjukkan bahwa peminum kopi 11% lebih kecil kemungkinannya untuk mengidap diabetes tipe 2. Asalkan saat mengkonsumsinya tidak dengan gula atau kopi murni.

6.   Menambah Daya Ingat

Ini yang dikatakan para peneliti setelah hasil riset. Mereka mengatakan bahwa orang yang minum kopi tanpa gula setiap hari memiliki ingatan yang lebih baik. Salah satunya dalam studi game yang melibatkan memori, peminum kopi murni, menang dengan skor memori yang lebih baik.

7.   Meningkatkan Kecerdasan

Kopi bebas gula dapat mencegah neurotransmitter yang disebut “adenosin.” Jika kafein adenosine ini datang, itu meningkatkan aktivitas saraf kranial otak dan membantu melepaskan neurotransmitter yang bermanfaat. Pada akhirnya, kafein meningkatkan fungsi otak sehingga menambah kecerdasan.

Manfaat kopi memang sangat banyak bagi kesehatan. Tidak hanya yang telah disebutkan di atas, kopi hitam juga dapat memberikan energi, meningkatkan fokus, dan meningkatkan konsentrasi. Kandungan kafein dapat meningkatkan suasana hati dan memberikan stamina.