Panduan untuk Membeli Generator Diesel

 

 

Generator diesel adalah mesin elektro-mekanis yang menghasilkan listrik. Generator ini terdiri dari mesin diesel yang digabungkan dengan alternator. Tujuan utamanya adalah untuk menyediakan listrik ketika jaringan listrik tidak tersedia karena beberapa faktor (daerah terpencil, stabilitas jaringan, gangguan). Negara-negara berkembang memiliki jaringan listrik yang tidak stabil dan akibatnya memiliki penggunaan generator diesel yang besar. Di negara maju, pasokan jaringan listrik umumnya stabil dan karenanya aplikasi terbatas pada area seperti daya kritis (rumah sakit, pusat data, bandara), komersial di mana kehilangan daya akan menimbulkan biaya yang signifikan dan area terpencil (tambang, komunitas) di mana pasokan listrik tidak ada. Aplikasi lain termasuk militer, kelautan dan telekomunikasi.

Jenis generator diesel yang dibutuhkan akan tergantung pada beberapa faktor seperti:

 

– Aplikasi

 

– Daya Utama atau Siaga

 

– Kondisi Operasi

 

Contoh dari ujung spektrum Genset Silent yang berlawanan dalam hal jenis adalah sebagai berikut. Aplikasi pertama adalah untuk lokasi tambang di daerah terpencil dalam kondisi ekstrim (panas, debu) yang beroperasi lebih dari 8 jam sehari dan waktu henti akan menyebabkan kerugian finansial yang signifikan. Aplikasi kedua sebagai perbandingan adalah untuk menyediakan daya siaga di jaringan stabil yang terletak di dalam gedung yang menyediakan daya untuk mengoperasikan layanan penting. Aplikasi pertama akan membutuhkan produk berkualitas yang terbukti dalam aplikasi tersebut dan yang kedua adalah produk standar di mana harga akan menjadi kriteria utama.

 

Generator diesel yang ideal akan memiliki fitur-fitur berikut ini:

 

– Keandalan

 

– Performa tinggi

 

– Dukungan

 

– Pengetahuan lokal

 

– Efisiensi

 

– Daya tahan

 

– Harga yang kompetitif

 

– Ramah pengguna

 

– Fungsionalitas

 

Ada banyak sekali produsen generator di pasar. Tingkat teratas adalah perusahaan mesin diesel besar yang berbasis di Amerika Serikat yang memiliki divisi pembangkit listrik. Tingkat menengah adalah perusahaan-perusahaan Eropa dan Cina yang merakit generator yang memenuhi standar internasional. Tingkat rendah terutama adalah perusahaan-perusahaan Cina yang menggunakan komponen bermerek lokal dengan standar Cina.

 

Perusahaan tingkat atas akan menggunakan komponen yang diproduksi di dalam perusahaan yang mungkin kurang di area tertentu. Contohnya, mesin mereka mungkin ideal tetapi alternatornya tidak dapat diandalkan atau sebaliknya. Contoh lain adalah mereka mungkin memiliki pengontrol yang rumit dan membutuhkan panggilan mahal ke teknisi perusahaan. Variasi desain yang sesuai dengan aplikasi terbatas karena proses persetujuan dalam organisasi ini sangat berat dan menyebabkan inefisiensi dalam produksi. Harga berada di kelas atas dengan memanfaatkan branding dan kehadiran global mereka.

 

Perusahaan tingkat menengah dapat menyediakan semua fitur generator diesel yang ideal. Mereka tidak terikat pada merek komponen tertentu sehingga mereka dapat merakit komponen terbaik untuk menghasilkan generator diesel yang berkualitas. Karena pabrik mereka yang besar, mereka memiliki skalabilitas dan dapat memperoleh komponen dengan harga yang kompetitif. Desain bisa fleksibel untuk disesuaikan dengan aplikasi yang berbeda. Harga secara umum bisa mencapai 30% lebih rendah dari generator tingkat atas.

 

Perusahaan tingkat rendah cenderung berbasis di Cina. Mereka menggunakan mesin, alternator, pengontrol yang direplikasi dari merek-merek terkenal. Mereka tidak dibuat dengan standar tertentu. Produk yang dihasilkan dapat membahayakan nyawa. Keandalannya rendah dan dukungan dari luar Cina tidak ada. Para pembeli dapat tertarik dengan harga rendah yang ditawarkan generator ini. Harga secara umum bisa mencapai 60% lebih rendah dari generator tingkat atas.

 

Hal-hal penting yang harus dicari adalah:

 

– Merek mesin

 

– Merek alternator

 

– Pembuatan pengontrol

 

– Pembuatan Pemutus Sirkuit

 

– Dukungan

 

– Desain

 

– Kepatuhan terhadap standar lokal

 

– Referensi penggunaan untuk aplikasi serupa

 

– Kehadiran di pasar lokal

 

Sebagai kesimpulan, penting untuk memahami aplikasi dan lingkungan tempat generator diesel akan beroperasi. Hal ini akan memberikan panduan tentang fitur-fitur yang dibutuhkan. Perusahaan tingkat menengah dapat menyediakan produk yang diinginkan dengan baik karena mereka fleksibel dalam hal komponen dan desain dengan harga yang kompetitif.