Daftar Processor Terkencang yang Recommended 2022

Perusahaan berbasis teknologi komputer selalu berkompetisi untuk menjadikan produknya sebagai daftar prosesor terkencang. Dengan begitu, diharapkan banyak menarik minat konsumen untuk membelinya. 

AMD membuat prosesor (CPU : Central Processing Unit) dan dinobatkan sebagai prosesor tercepat dalam segmen desktop (PC: Personal Computer). Sedangkan  CPU buatan Intel sebagai kompetitornya dinobatkan sebagai prosesor terkencang dalam segmen mobile (notebook), kita juga bosa mempelajari prosesor di internet, baca juga mengenai PTN dan PTS terbaik di indonesia.

Pendapat diatas berdasarkan daftar benchmark prosesor tercepat di dunia yang diambil dari versi Master Lu. Penilain tersebut dirilis baru-baru ini. Master Lu adalah platform benchmarking populer dari China.  

Master Lu biasanya digunakan untuk menguji keunggulan perangkat komputer serta smartphone. Master Lu juga dapat dikatakan Antutu atau Geekbench versi China. 

Dalam segmen desktop, prosesor terkencang sekarang dengan skor sekitar 1,7 juta poin adalah prosesor AMD Ryzen Threadripper 3990X (64-core). Prosesor ini diperkenalkan pada ajang CES 2020 kemarin. 

Di bawah AMD Ryzen Threadripper 3990X (64-core) ada tiga CPU AMD lainnya dengan skor benchmark sekitar 1 – 1,2 juta poin. Daftar kelima ada Intel Core i9-10980XE sebagai desktop terkencang versi Master Lu. 

Sedangkan Intel berhasil meraih posisi pertama dengan CPU laptop terbarunya yang diperkenalkan Mei 2020 untuk segmen mobile. Intel Core i7-11800H dengn nilai skor benchmark berkisar 660.000 point sebagai salah satu daftar prosesor terkencang. 

Di bawah  Intel Core i7-11800H ada empat CPU AMD. CPU AMD tersebut seperti Ryzen 7 dan Ryzen 9 5000 Series yang mendapat skor benchmark sekitar 530.000-560.000 poin atau selisih 100.000 poin.

Daftar Prosesor Terkencang dan Terbaru di Dunia

Berdasarkan hasil penilaian benchmark tersebut dapat disimpulkan bahwa lima prosesor terkencang dalam segmen desktop dan mobile didominasi oleh CPU dari AMD. CPU AMD tersebut masing-masing mempunyai 4 model prosesor sehingga lebih banyak dari Intel yang hanya mempunyai 1 model. 

Meskipun begitu, dalam segi penjualan prosesor Intel jauh lebih dominan dari pada AMD. Berdasarkan pendapat Master Lu, prosesor Intel dalam segmen desktop mempunyai market share atau porsi penjualan lebih dari 70 %. Market share tersebut dari total penjualan CPU secara global dalam 5 kuartal terakhir.  Sisa penjualannya sekitar 20% dipegang oleh AMD, Pelajari juga mengenai UI Development di Global Entrepreneurial University

Penjualan prosesor AMD dalam segmen mobile sekitar lebih dari 30% dari total penjualan CPU global. Penjualan ini lebih baik dari segmen desktopnya. Sedangkan Intel berhasil menguasai penjualan CPU laptop global sekitar 60% sebagai bagian dari daftar prosesor terkencang.