Sejarah Singkat Taman Sari Jogja

paket wisata jogja – Biasanya tempat-tempat bersejarah yang ada di suatu wilayah kerap dimanfaatkan untuk kunjungan wisata edukasi dan menyenangkan. Sehingga, bukan hanya kesenangan yang akan didapat, akan tetapi juga sebagai pembelajaran yang efektif.

Yogyakarta merupakan salah satu daerah yang memiliki banyak cerita serta tempat-tempat bersejarah yang sangat wajib anda kunjungi ketika sedang berada di Jogjakarta. Salah satu tempat bersejarah tersebut adalah Taman Saari Yogyakarta.

Taman Sari Yogyakarta merupakan salah satu bangunan milik kerajaan Yogyakarta yang kini telah beralih fungsinya menjadi destinasi wisata edukasi yang ada di Kota Jogja. Bagi anda yang hendak berkunjung ke Taman Sari Jogja, tentunya anda wajib mengetahui sejarah singkat dan harga tiket masuk Taman Sari Jogja ini.

Sejarah Singkat dan Harga Tiket Masuk Taman Sari Jogja

Memiliki desain bangunan yang berkombinasi antara banguna Portugis-Jawa ini merupakan daya tarik yang dimiliki oleh Taman Sari ini. Meskipun bangunan dari Taman Sari kni tak lagi utuh seperti dulu, namun tak menyurutkan minat wisatawan yang hadir mengunjunginya.

Konsep agaya arsitektur yang dimiliki juga berbeda antara satu bangunan dengan bangunan yang lainnya. Menjadi salah satu situs bersejarah yang ada di nusantara, Taman Sari ini dibangun pada masa pemerintahan Sri Sultan Hamengkubuwana I, lebih tepatnya pada tahun 1758 hingga 1765, masyarakat kerap menyebutnya “The Fragrant Garden”.

Luas lahan tanah Taman Sari ini mencapai lebih dari 10 Hektar dengan memiliki 57 bangunan yaitu bangunan utama, pulau buatan, kolam pemandian, danau buatan. lorong bawah air, kanal airm serta masih banyak lagi bangunan yang lainnya. Sedangkan untuk harga tiket Taman Sari Jogja ini cukup eterjangkau.

BACA JUGA  HD mod backround naruto 2

Untuk tiket masuk wisatawan lokal dibanderol dengan harga Rp 5.000 sedangkan urntuk wisatawan asing Rp 12.000 dan untuk tiket kamera dibanderol dengan harga Rp 2.000 saja.

Biasanya di depan pintu masuk juga akan terdapat jasa pemandu wisata yang akan membantu anda untuk lebih mengenal bangunan ini. Harga yang ditawarkan untuk jasa pemandu wisata ini dapat dibayar secara sukarela, namun biasanya hanya sebesar Rp 25.000.

Untuk parkir kendaraan sendiri dibanderol dengan Rp 2.000 untuk kendaraan bermotor roda dua dan rp 5.000 untuk kendaraan roda empat. Harga tiket masuk dan biaya lainnya tersebut, tentunya bisa berubah sewaktu-waktu.

Keunikan dan Pesona Taman Sari Jogja

Meskipun tempatnya sudah tak seindah dan semegah seperti dulu, namun pesona yang dimiliki masih sama dan tetap diminati oleh banyak wisatawan lokal maupun wisatawan asing hingga saat ini.

Terutama spot-spot yang sangat artistik serta masih menonjolkan keunikan dari bangunannya. Dari mulai pintu gerbang hingga ukiran-ukiran yang ada di dinding sangat bersifat futuristik.

Pihak pengelola dari Taman Sari pun telah menyediakan bermacam fasilitas yang dapat mendukung liburan pengunjung. Seperti tersedia nya lahan parkir yang luas, warung tempat berjualan makanan dan minuman, hingga penginapan.

Beberapa dari penginapan ini dapat anda jadikan sebagai tempat referensi jika anda menghabiskan waktu bersama teman maupun keluarga dengan bermalam di kompleks Taman Sari Jogja ini.

Penginapan tersebut di antaranya seperti Hotel Neo Plus Awana, The Cube Hotel, Omah Konco, Pose In Hotel dan masih banyak lagi. Tentunya harga yang ditwarkan juga terjangkau semua sesuai akan kebutuhan anda.

Kawasan iin buka setiap hari mulai pukul 09.00-15.00 wib. Dengan memiliki berbagai keunikan serta pesona yang menawan, harga tiket Taman Sari Jogja ini juga cukup terjangkau. Dengan ini, anda sudah dapat berekreasi sekaligus mendapatkan pembelajaran yang efektif pula.

BACA JUGA  3 fakta menarik kota Tasikmalaya