Perbedaan Bisnis Plan dan Stategic Plan

Sekilas, jasa pembuatan business plan dan strategic plan dapat dipandang sama oleh sebagian orang. Padahal business plan dan strategic plan memiliki perbedaan yang begitu signifikan lho!

Sekilas, business plan dan strategic plan dapat dipandang sama oleh sebagian orang. Padahal business plan dan strategic plan memiliki perbedaan yang begitu signifikan lho! Nah dalam kesempatan kali ini, cerita halal kita akan berfokus pada pembahasan perbedaan dari business plan dan strategic plan. Yuk disimak!

Strategic plan memiliki pondasi yang berupa visi, misi dan nilai yang ditanamkan dalam perusahaan. Strategic plan disusun dengan melakukan peninjauan kondisi pasar yang sedang berjalan. Hasil dari peninjauan dapat membentuk suatu aksi yang memiliki pelaksanaan dan dampak yang berkelanjutan bagi jalannya usaha. Sehingga usaha dapat terus bertahan dan menjalankan roda bisnisnya dalam jangka waktu yang lama. Pelaksanaan dan dampak dari strategic plan berfokus pada tujuan, sasaran dan serangkaian rencana aksi yang dilakukan untuk memenuhi strategi usaha.

Strategic plan dibuat untuk menentukan arah jangka panjang dari perusahaan. Strategi yang dilakukan saat ini akan memberikan dampak yang signifikan dalam kurun waktu jangka panjang, sehingga strategi harus disusun dengan memperhatikan faktor-faktor yang berpengaruh dalam keberlanjutan usaha.

Business plan disusun dengan pondasi berupa produk yang akan dipasarkan dan calon pelanggan yang telah menjadi sasaran. Business plan disusun dengan melakukan serangkaian riset yang berpatokan dengan nilai-nilai perusahaan dan kemampuan finansial yang dimiliki oleh usaha. Hasil dari proses ini akan memberikan hasil berupa model bisnis. Model bisnis bertujuan untuk memberikan arahan pada karyawan dalam menjalankan usaha dan aktivitas usaha.

Jasa Business plan dibuat untuk mendapatkan konsep dan taktik yang dapat dilaksanakan dengan batasan dan kondisi yang dimiliki oleh usaha. Sehingga perusahaan dapat menjalankan usaha yang sesuai dengan kemampuan dan peluang yang dimiliki.

BACA JUGA  Mebel Bali

Secara singkat, strategic plan dibuat oleh perusahaan yang sudah berjalan. Strategic plan dibuat untuk jangka panjang, umumnya proyeksi 3-5 tahun kedepan. Sedangkan business plan umumnya dibuat ketika akan menjalankan usaha, mendapatkan investor atau mengelola usaha. Secara waktu, business plan ini berisikan perencanaan yang lebih sederhana dengan waktu yang lebih singkat (kurangdari 1 tahun).