Mengenal Accounts Payable (Utang Dagang) di Dalam Bisnis

Accounts payable atau utang dagang, adalah pembayaran kepada para kreditur yang telah mengajukan pengeluaran uang dalam jumlah tertentu dan menunggu bayarannya. 

Apa itu Accounts Payable?

Accounts payable adalah jenis utang dagang yang harus dibayar oleh perusahaan. Apabila kita menerima kredit dari pihak lain, maka kita memiliki utang. Utang ini tidak harus segera dibayar kepada pihak yang mengajukan kredit tersebut. Namun, karena produk apapun yang dijual oleh perusahaan hanya bisa diserahkan setelah habis terjual, maka pembayaran utang itu akan dilakukan secara berkala dengan waktu tersendiri.

Bagaimana Accounts Payable bekerja?

Jika anda mengambil pinjaman dari bank atau kreditur untuk membiayai produktivitas bisnis, maka AP adalah utang yang harus dibayar oleh perusahaan kepada bank atau kreditur.

Apa saja jenis-jenis Accounts Payable?

Accounts payable (utang dagang) adalah jenis utang yang diakui oleh perusahaan dan yang harus dibayar kepada pihak ketiga untuk kebutuhan perkembangan usaha. Seperti halnya utang-utang lainnya, dalam accounts payable terdapat beberapa jenis, yaitu:

  • Trade payables atau acounts payable komersial

  • Purchases on credit atau acounts purchase on credit

  • Accrued expenses

Bagaimana cara mengelola Accounts Payable?

Accounts Payable (AP) merupakan bagian yang paling penting dalam keuangan perusahaan. AP adalah utang dagang yang harus dibayar melalui jalan transfer dana atau e-payment ke rekening bank klien. By the way, sebagian besar bank sudah menghadirkan layanan online payment untuk memudahkan proses pembayaran utang dagang tersebut.

Apa saja contoh Accounts Payable?

Accounts Payable (AP) merupakan simpanan utama yang dicatat di laporan keuangan perusahaan. Contoh: Suatu hari Anda membeli minuman seharga Rp 100 ribu di kantin sekolah Anda dengan menggunakan kartu debit Visa Infinite Gold card miliknya sebesar Rp 110 ribuan. Ini dilaporkan di tambah dengan biaya layanan transaksi online yaitu Rp 2 ribuan dan tujuan transfer online menggunakan Bank Mandiri cab 802200074300187963.

BACA JUGA  Ticket Vending Machine Solusi Penjualan Tiket Cepat

Konklusi

Accounts Payable merupakan proses penerimaan utang dari pihak ketiga, yang bisa dilakukan oleh perusahaan dengan cara mengembalikan kepada calon kreditornya ataupun melunasi secara utuh. Selain itu, Accounts Payable juga merupakan bagian dari akun yang memungkinkan perusahaan untuk melunasi tagihan-tagihannya dalam jumlah besar dan berulang sepanjang tahun ke depannya.