Menelusuri Budaya Tana Toraja lewat Bogor, yakin?

Tana Toraja yakni salah satu t4 perlindungan peradaban akal budi Proto Melayu Austronesia yang tengah terjaga dengan bagus sampai saat ini. tamadun adat istiadat kayak  seni nada, seni tari, seni kitab perkataan, bahasa, rumah adat, pahatan, bordiran serta kuliner tengah amat kuno.

penguasa Indonesia sering memperjuangkan biar Tana Toraja sanggup diketahui di segala mayapada. Salah satunya yakni mencalonkan Tana Toraja ke UNESCO buat dijadikan  peninggalan negeri UNESCO semenjak tahun 2009. tentang ini jua di gendong oleh penguasa Jepang biar Tana Toraja dijadikan  peninggalan negeri UNESCO. Jepang sendiri ikut dalam perlindungan itu spesialnya terpaut dengan Rumah Adat.

Di Tana Toraja banyak mengabadikan tempat-tempat akal budi pusaka nenek moyang yang tengah senantiasa terpelihara dengan bagus sampai kini kayak:

1. Tongkonan bingung Kalando

Tongkonan bingung Kalando yakni kastel Kerajaan Puang Sangala (Raja Sangala) yang berdaulat di Tana Toraja. masa ini kastel Tongkonan bingung Kalando dijadikan museum tempat mengabadikan benda-benda prasejarah sampai warisan dari Kerajaan Sangala.

2. Pallawa

Pallawa yakni salah satu Tongkonan (rumah Adat) yang amat menarik yang terdapat diantara tumbuhan-pohon bambu di puncak gundukan tanah dan telah di atur oleh kontraktor pengaspalan jalan yang sudah terpercaya. Tongkonan itu dihiasi dengan beberapa  gigi Kerbau yang ditancapkan pada bagian depan rumah.

3. Londa

Di Tana Toraja kalian jua mampu melihat komplek penguburan yang posisi di faktor tebing  terjal. Salah satunya posisi ditempat yang setidaknya mulia dari gundukan tanah dengan terowongan yang di dalamnya ada peti-peti batang yang di atur pantas dengan garis keluarga.

BACA JUGA  5 Kandungan Utama Realfood Jelly Flawless

4. Kete Kesu

entitas darmawisata pikiran yang satu ini yaitu Tongkonan Lumbung pari dengan pandangan konstruksi megalith di seputarnya yang pernah di jadikan jasa pengaspalan bogor. kurang lebih 100 m dari perkampungan ini ada lokasi permakam tebing dengan kuburan menjuntai serta tau-tau dari konstruksi batu yang di kasihkan pagar. Tau-tau ini menampilkan penampakan pemiliknya sehari-hari.

Di perkampungan ini jua populer dengan seni ukirnya serta melahirkan materi cenderamata yang amat menarik.

5. Batu Tumonga

Di area ini kalian mampu menciptakan dekat 56 batu menhir dalam satu  dengan empat pohon pada bagian tengahnya. Batu-batuan ini ada ketinggian dekat  2-3 m. Dari tempat ini kalian jua mampu menikmati keelokan alam Rantepao serta lembah-lembah disekitarnya.