Daftar Rest Area Menarik di Tol Trans Jawa

Serunya Road Trip di Rest Area Tol Trans Jawa

Bagi sebagian orang, naik mobil untuk jalan-jalan atau mudik merupakan aktivitas yang menyenangkan. Alasannya beragam, tapi, yang paling umum adalah mereka dapat menikmati perjalanan dengan melihat panorama di sisi kiri kanan jalan. Salah satunya dikala kita melewati jalan tol. Selain lebih cepat, jalanan ini tidak bercampur dengan jenis kendaraan lain, layaknya motor dan sepeda, agar lebih nyaman.

Di Indonesia, ada salah satu jaringan jalan berbayar yang cukup padat dan punya banyak rest area, yaitu Tol Trans Jawa. Rest area Tol Trans Jawa mengakomodasi keperluan pengendara dikala dalam perjalanan. Seperti bahan bakar, makanan, dan area istirahat yang nyaman. Jika Anda merencanakan untuk road trip pulau Jawa, ada baiknya Anda mengetahui beberapa titik rest area agar perjalanan lebih nyaman.

 

 

Daftar Rest Area Tol Trans Jawa

Rest area Tol Trans Jawa akan memberikan ruang kepada pengendara untuk beristirahat, makan, dan mengisi bahan bakar. Keberadaan sarana ini benar-benar membantu pengendara sepanjang perjalanan. Menariknya, beberapa daerah istirahat ini tidak cuma bermanfaat untuk istirahat, melainkan menyediakan wahana rekreasi. Hal ini karena terdapatnya fitur tambahan yang menarik.

BACA JUGA  Erigo Apparel Windbreaker Heller Dark Blue Unisex

Berikut adalah daftar rest area Tol Trans Jawa yang bisa Anda singgahi saat bepergian:

Menuju Surabaya

Berikut ini beberapa rest area Tol Trans Jawa dari arah Jakarta menuju Surabaya dan sekitarnya:

1. Tempat Istirahat Tol Jakarta-Tangerang

Rest area Tol Trans Jawa Jakarta-Tangerang adalah rest area 13A yang terletak di Provinsi Banten. Di sini, ada sarana yang sebabkan pengendara nyaman. Beberapa diantaranya yaitu minimarket, cafe, toko kue, toilet, pertokoan, ATM, dan SPBU. Di Google, area ini mendapat rating 4,5 dari 5.

 

2. Tempat Istirahat Tol Jakarta-Cikampek

Rest area Tol Trans Jawa Jakarta-Cikampek memiliki empat opsi yang bisa Anda pilih, yaitu di KM 19A, 33A, 39A, dan 57A. Semuanya memiliki sarana SPBU yang bisa Anda manfaatkan. Salah satu yang cukup terkenal adalah rest area KM 19A, dikarenakan memiliki sarana hotel bintang tiga. Tapi, tamu hanya bisa beristirahat maksimal 12 jam saja.

Selain hotel, juga ada beberapa sarana lain layaknya SPBU, kafe, minimarket, toko, dan sebagainya. Rest area Tol Trans Jawa Jakarta-Cikampek KM 57A juga menjadi favorit banyak orang dikarenakan tempatnya yang luas dan memadai. Tempat ini memiliki sarana masjid besar berwarna emas yang nyaman.  Selain itu, ketersediaan area makan yang banyak membuat pengendara bisa memilih makanan dengan leluasa. Di samping itu, wilayah ini juga memiliki sarana SPBU.

 

3. Tempat Istirahat Tol Cipularang-Padeleunyi

Rest area Tol Trans Jawa Cipularang-Padeleunyi memiliki empat opsi yang bisa dipilih, yaitu di KM72A, 88A, dan 147A. Semuanya memiliki sarana lengkap layaknya SPBU, gerai makan, minimarket, dan ATM.

 

4. Tempat Istirahat Tol Palimanan-Kanci

Rest area Tol Trans Jawa Palimanan-Kanci ada di KM 207A. Selain menyediakan sarana SPBU, masjid, dan gerai makanan, juga memiliki fitur charge baterai kendaraan listrik Hyundai.

 

5. Tempat Istirahat Tol Batang-Semarang

Rest area Tol Trans Jawa Batang-Semarang ada di KM 379A dan 391A. Keduanya memiliki sarana SPBU dan beragam fitur lain. Tak kalah menarik, keduanya memiliki restoran area yang menyediakan makanan Indonesia.

BACA JUGA  favorite yang menyenangkan untuk beberapa orang

 

6. Tempat Istirahat Tol Semarang-Solo

Selain menyediakan sarana SPBU, rest area satu ini dianggap memiliki sarana gerai makan yang serupa di mall. Saat ini, banyak merek makanan dan minuman terkemuka yang memiliki gerai di sini. Tentu saja, hal ini membuat pengendara jadi nyaman.

 

Menuju Jakarta

Berikut adalah rest area Tol Trans Jawa dari arah Jawa ke Jakarta:

1. Tempat Istirahat Tol Jakarta-Tangerang

Rest area Tol Trans Jawa Jakarta-Tangerang ada di KM 13B. Rest area satu ini mempunyai fasilitas SPBU dan fitur penunjang lain, seperti gerai makanan, minimarket, ATM, dan sebagainya.

 

2. Tempat Istirahat Tol Jakarta-Cikampek

Rest area di kawasan Jakarta-Cikampek, yaitu di KM 6B, 42B, 52B, dan 62B mempunyai fasilitas yang menyenangkan karena lokasinya yang dekat dengan kawasan kota. Anda bisa mendapatkan banyak gerai dari merek ternama, daerah ibadah, dan yang terpenting SPBU. Karena dekat dengan kota, maka rest area ini cukup padat.

 

3. Tempat Istirahat Tol Cipularang-Padeleunyi

Kamu bisa singgah di rest area kawasan Cipularang-Padeleunyi di KM 72B, 88B, 97B, 125B, dan 149B. Di sini, Anda bisa menikmati fasilitas SPBU, food court, minimarket, dan sebagainya. Rest darea 88B adalah salah satu wilayah yang disukai pengendara. Sebab, di sini, ada masjid yang mempunyai desain futuristik. Selain itu, fasilitasnya juga cukup lengkap.

 

4. Tempat Istirahat Tol Palimanan-Kanci

Rest area tol Palimanan-Kanci ada di KM 208B. Anda bisa menemukan SPBU, food court, dan fasilitas lain seperti minimarket, ATM, dan sebagainya.

 

5. Tempat Istirahat Tol Batang-Semarang

Di daerah Batang-Semarang, ada dua rest area Tol Trans Jawa yang bisa Anda pilih, yaitu di KM 360B dan 389B. Keduanya mempunyai fasilitas SPBU, gerai makanan beragam, dan fasilitas pendukung lain.

BACA JUGA  Pantai Bandengan Jepara yang seindah pantai di Jogja

 

Rest Area Menarik di Tol Trans Jawa

Berikut adalah rest area yang paling menarik di Tol Trans Jawa, diantaranya:

1. Tempat Istirahat KM 360

Rest area satu ini punya fasilitas yang banyak daripada wilayah lain. Selain fasilitas standar, seperti SPBU, minimarket, dan gerai makanan, Anda akan menemukan lapangan futsal, voli, bahkan mini zoo.

 

2. Tempat Istirahat KM 260B

Rest area Tol Trans Jawa ini dulunya adalah bekas Pabrik Gula Banjaratma. Saat ini, wilayah tersebut berubah menjadi rest area yang nyaman dengan museum yang memuat mesin raksasa. Di sini, ada sekitar 64 booth UMKM dan 52 booth bisnis besar.

 

3. Tempat Istirahat KM 429

Di rest area ini, pengendara dapat menikmati keindahan Gunung Ungaran. Tak hanya itu, lanskap yang dimiliki dapat membuat kita nyaman. Anda akan menemukan booth makanan, masjid megah, dan begitu banyak ragam fasilitas lain. Tak ketinggalan, ada toko oleh-oleh juga yang melengkapi rest area ini.

 

4. Tempat Istirahat Pendopo 456

Rest area Tol Trans Jawa ini ada di daerah Jawa Tengah. Tempat ini ada di ketinggian 600 mdpl sehingga terasa sejuk. Di sini, terdapat fasilitas yang membuat pengendara nyaman. Total, ada 40 gerai UMKM yang dapat Anda pilih.

 

Tipe-Tipe Tempat Istirahat di Tol Trans Jawa

Berikut ini beberapa tipe-tipe rest area di Tol Trans Jawa:

  • Tipe A, yakni paling luas dengan sarana ATM, toilet, SPBU, klinik, bengkel, mushola, kios, minimarket, parkir, restoran, dan ruang terbuka hijau.
  • Tipe B, yakni model yang lebih kecil dibanding A, mempunyai sarana seperti mushola, minimarket, ATM, toilet, gerai, restoran, daerah parkir, dan ruang terbuka hijau.
  • Tipe C, yakni paling kecil. Fasilitasnya adalah toilet, kios, dan mushola. Parkiran di sini hanya buka pada hari tertentu.