Cara Mengatasi Atap Rembes

Musim hujan sudah datang, tentu saja Anda harus waspada karena dampak cuaca dapat mengakibatkan terjadinyanya kerusakan pada atap rumah. Jika rumah kurang terurus maka tidak akan sekokoh kelihatannya. Misalkan saja, jika bagian atap jarang-jarang dilakukan perawatan maka menyebabkan kebocoran jika tiba musim hujan. Jika atap telah bocor maka air akan mudah sekali merembes ke rumah.

Atap rembes dapat terjadi karena cor beton yang rengat hingga bisa menyebabkan kebocoran. Untuk Anda yang awam mengenai perbaikan atap rembes, maka dapat mengikuti beberapa cara di bawah ini.

Kenali Pemicu Atap Rembes

Hal pertama kali yang harus Anda kerjakan adalah memeriksa pemicu terjadinya rembesan itu. Coba cek bagian atap dan temukan pemicu atap rembes. Jika pemicunya ialah cor beton yang retak karena itu harus langsung diperbaiki.

Cara Menangani Atap Rembes

1. Pasang Lapisan Anti Panas

Untuk membuat cor beton pada atap rumah Anda tahan panas maka dapat memakai lapisan khusus. Yang mana bahan tersebut adalah kombinasi dari akrilik, bahan aditif dan pasir silica. Campur seluruh bahan lalu laburkan dengan memakai kuas rol di semua bagian permukaan dak yang bocor. Dengan langkah ini maka dak yang retak akan terlindung dari panas yang dapat menyebabkan keretakan.

2. Pakai Lapisan Tahan Air

Pemakaian lapisan tahan terhadap air kerap diaplikasikan dalam menangani atap rembes. Bobok dahulu sekitaran 2 cm di bagian dak yang retak, jika retakan lumayan besar, Anda tinggal padatkan semen saja. Seterusnya pakai kuas untuk menambahkan lapisan tahan terhadap air berbentuk serat fiber pada sisa retakan yang besar. Ini dilakukan untuk menutup lubang-lubang yang lebih kecil. Kerjakan tambahan lapisan tahan terhadap air ini pada semua permukaan cor beton.

BACA JUGA  4 Keistimewaan Sekolah Internasional Di Jakarta Dibandingkan Sekolah Negeri

Ingat saat lakukan tugas ini bersihkan dahulu semua permukaan yang akan ditambah lapisan  tahan terhadap air dan melakukan 2 kali proses pelapisan. Jarak pemberian antara lapisan pertama dengan ke dua minimum 4 jam agar betul-betul kering.

4. Lapisi dengan Cat Tembok

Meskipun Anda telah menambah lapisan tahan panas dan  tahan terhadap air tetapi permukaan cor beton masih tetap membutuhkan penggunaan cat tembok. Lapisan tahan terhadap air atau yang umum dikenali dengan waterproof memiliki sifat benar-benar plastis dan sedikit lengket saat kering hingga cat tembok benar-benar pas untuk kurangi kelengketannya. Kerjakan lapisanan ini saat cuaca cerah hingga dapat kering secara cepat.

5. Atap Selalu Bersih dan Bebas dari Kubangan Air

Anda harus kerap bersihkan aliran air atap beton atau talang supaya atap rumah Anda terlepas dari sumbatan air. Kegiatan pembersihan ini harus Anda jadikan rutinitas dalam perawatan dan menjjaga kebersihan rumah secara detail. Ditambah jika Anda mempunyai pohon yang rindang dengan tinggi melewati atap rumah Anda. Dedaunan yang jatuh akan menyebabkan mampetnya aliran air dan akan menyebabkan kubangan air pada atap rumah Anda sehingga dapat merusak atap rumah.

Itulah beberapa cara yang dapat Anda kerjakan untuk menangani atap rembes. Lakukan pengecekan secara periodik untuk pastikan keadaan atap rumah Anda pada kondisi bagus hingga tidak ada kebocoran saat musim hujan datang. Untuk Anda yang memerlukan layanan jasa menangani atap rembes, Anda bisa menemukannya secara mudah di Sejasa.com, sebuah platform yang sediakan solusi untuk semua keperluan Anda. Segera kunjungi website resmi Sejasa.com untuk solusi permasalahan Anda.