5 Langkah Cara Merawat Bunga Anggrek agar Tidak Mudah Mati

Anggrek adalah tanaman hias yang cukup tricky untuk dipelihara. Perhatikan cara merawat bunga anggrek berikut ini agar tidak mudah layu dan mati.

Anggrek termasuk satu tanaman bunga yang menjadi favorit orang Indonesia. Banyak yang memeliharanya karena indah. Namun, tidak banyak yang tahu bagaimana cara merawat bunga anggrek dengan benar.

Jika tertarik untuk memelihara tanaman hias ini, sebaiknya pahami cara perawatannya terlebih dahulu. Sebaiknya simak artikel ini untuk mengetahui secara lengkap langkah-langkah merawat anggrek.

“Kunjungi juga: jasa buat taman bandung

Cara Merawat Anggrek di Dalam Ruangan dan di Luar Ruangan

1. Pilih Pot dengan Drainase

Anggrek adalah tanaman yang tidak tahan jika berada di media tanam yang basah. Oleh karena itu, pastikan memilih pot yang punya drainase untuk mengalirkan air ke luar. Akan lebih baik jika memilih pot yang terbuat dari tanah liat karena berpori.

2. Perhatikan Media Tanam

Media untuk menanam anggrek berbeda dengan tanaman bunga lainnya. Media tanam yang digunakan harus mudah dialiri air, bukan yang menyerap air. Contoh media yang cocok untuk tanaman ini antara lain lumut, batang pohon tipis, atau arang kayu.

Pastikan media tanam sudah dalam keadaan steril sebelum digunakan untuk menanam anggrek. Jika memilih menggunakan arang kayu, bisa disterilkan dahulu dengan cara merebusnya.

3. Taruh di Lokasi yang Lembap

Agar anggrek tumbuh dengan lebih subur, sebaiknya taruh tanaman ini di lingkungan yang lembap dan sejuk. Tempat terbaik untuk meletakkan tanaman ini adalah di dekat air mancur atau kolam ikan. Jika menanam anggrek di dalam ruangan, rajin-rajinlah menyemprotnya dengan air dan jangan sampai kering.

“Kunjungi juga: jasa pembuatan taman di bandung

Hindarkan tanaman hias ini dari panas yang berlebih. Sangat disarankan untuk membuat teduhan dari tanaman lain agar anggrek tidak terpapar cahaya matahari berlebihan. Meski begitu, pastikan juga anggrek mendapatkan pencahayaan cukup.

4. Bersihkan secara Rutin

Jika mendapati bunga, daun, atau batang anggrek layu, sebaiknya segera buang bagian tersebut. Tujuannya agar tidak menular ke bagian lain. Selain itu, bersihkan daun-daun kering dan sampah yang mungkin jatuh di sekitar tanaman hias ini.

5. Berikan Nutrisi

Cara merawat bunga anggrek yang terakhir adalah memberikannya nutrisi tambahan. Agar lebih cepat tumbuh dan sehat, tambahkan zat pemacu pertumbuhan seperti hormon giberelin atau ZPT. Berikan zat ini 3 kali dalam seminggu dengan dosis yang cukup.

Cara merawat bunga anggrek bulan atau jenis lainnya sama sekali tidak sulit. Hanya saja tanaman ini sedikit tricky sehingga butuh perhatian lebih.