Pelapis Anti Air, Inilah 6 Manfaat Lilin yang Harus Diketahui

GLIMMA lilin kecil | IKEA Indonesia

Ini adalah sumber cahaya yang telah ada dari zaman kuno hingga hari ini, lilin. Penemuan terbaru mengklaim bahwa lilin telah digunakan oleh orang Romawi sejak abad ke-1 Masehi.

Setelah lilin mengalami berbagai modifikasi bahan dari waktu ke waktu, namun fungsi lilin telah berubah dari fungsi aslinya, jika dulu lilin digunakan sebagai alat penerangan utama, sekarang lilin hanya digunakan pada saat dibutuhkan, jadi ketika tidak ada pasokan listrik. Lilin digunakan pada saat seseorang berada di tempat terpencil yang belum tersentuh instalasi listrik, atau digunakan oleh konsumen listrik saat terjadi pemadaman listrik.

 

Beragam Manfaat Lilin, Bukan Sekedar Pengganti Listrik

Berbagai penelitian tentang lilin masih terus dilakukan, yang terkait dengan berbagai manfaat lilin yang belum pernah terungkap sebelumnya, lilin terus dimodifikasi sehingga dapat menawarkan manfaat baru dan menjadikan penggunaan lilin selalu ada dan berkelanjutan, berikut beberapa dari di antaranya.

Akan salah jika dikatakan bahwa lilin hanya berfungsi sebagai penerangan darurat dan alat penghias kue ulang tahun. Enam manfaat berikut menunjukkan lebih banyak manfaat daripada satu lilin.

  1. Lilin sebagai Pelumas

Awalnya lilin terbuat dari lemak hewan yang licin, namun lama kelamaan bahan yang digunakan untuk membuat lilin tergantikan oleh bahan lain, namun efek licin dari tongkat lilin terus berlanjut hingga saat ini. Jika ritsleting menempel, Anda bisa menggosokkan wax pada trek ritsleting agar berjalan lancar kembali.

Apakah engsel pintu juga melorot atau menimbulkan bunyi mencicit yang tidak enak? Gosokkan sedikit lilin pada engselnya dan masalah dengan pintu akan hilang dan bisa juga diterapkan pada laci meja yang macet.

 

  1. Lilin Menahan Air Mata

Bagi mereka yang harus aktif di dapur, air mata seringkali tak tertahankan saat mengupas dan memotong bawang. Tahukah Anda bahwa nyala lilin dapat meringankan penderitaan Anda? Saat memotong bawang, nyalakan lilin di sisi Anda.

Sekarang Anda tidak perlu menjadi “baper” untuk memotong bawang.

 

  1. Waterproof Coating

Lilin memiliki sifat anti air yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Lindungi kertas resep Anda dari serangan air yang dapat membuatnya lebih rapuh dan mudah sobek.

Caranya adalah dengan mengoleskan lilin ke permukaan kertas. Kertas resep tidak bisa sobek karena basah.

 

  1. Tempat Menyimpan Jarum

Tidak yakin di mana harus menyimpan koleksi jarum Anda agar tetap aman dan mencegahnya berkarat? Mengapa Anda tidak mencoba merekatkannya ke dalam lilin? Jarum disimpan dengan aman, tidak berbahaya dan tidak juga mudah berkarat.

 

  1. Dekorasi yang unik dan elegan

Selain berbagai manfaat yang disebutkan di atas, lilin juga dapat digunakan sebagai dekorasi yang mempesona. Bagi Anda yang memiliki kreativitas tinggi di bidang seni rupa, pengolahan lilin dalam berbagai bentuk menjadi ladang penghasilan yang tidak boleh dianggap remeh.

Mengumpulkan lilin hias dengan berbagai bentuk unik kini telah menjadi gaya hidup baru yang bisa Anda manfaatkan. Selain itu, lilin dekoratif sebagai suvenir pernikahan juga bisa menjadi suvenir yang tak terlupakan, bukan?

 

  1. Lilin Aromaterapi

Inilah salah satu manfaat lilin yang akhir-akhir ini banyak digunakan. Ketenangan pikiran seseorang dapat mempengaruhi kesehatannya.

Menggunakan konsep ini, lilin aromaterapi dibuat dengan aroma berbeda yang memiliki manfaat berbeda.

 

Bagaimana? Sudah tahukah Anda sekarang apa saja manfaat dari lilin? Jika Anda sedang membutuhkannya, Anda bisa membelinya di ikea.co.id untuk berbagai keperluan di rumah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *