6 Nutrisi yang Dibutuhkan dalam Susu Pertumbuhan Terbaik

6 Nutrisi yang Dibutuhkan dalam Susu Pertumbuhan Terbaik

Susu menjadi sumber nutrisi yang penting terutama pada pertumbuhan dan perkembangan anak. Memilih susu bagi anak tidak boleh sembarangan, pilihlah susu pertumbuhan terbaik agar asupan nutrisi optimum dan pertumbuhan anak bisa optimal. Lantas, nutrisi apa saja yang seharusnya terdapat pada susu pertumbuhan? Ini dia ulasannya.

1. Protein

Protein sangat berperan dalam membangun dan memelihara sel-sel dan jaringan tubuh. Protein juga bermanfaat sebagai sumber energ dan meningkatkan daya tahan tubuh sehingga anak tidak mudah terserang penyakit. Pada masa pertumbuhan, asupan protein bisa diperoleh dari susu.

Umumnya susu mengandung dua jenis protein, yaitu kasein dan whey. Protein kasein berperan dalam mengontrol tekanan darah, sedangkan pertumbuhan dan kesehatan otot anak dipengaruhi oleh protein whey.

2. Kalsium dan Vitamin D

Karena dalam masa pertumbuhan, sebaiknya anak mendapat cukup asupan zat yang berfungsi dalam perkembangan tulang dan gigi. Zat yang dibutuhkan dalam hal ini adalah kalsium dan vitamin D. Vitamin D berperan dalam mempermudah penyerapan kalsium oleh tubuh.

Kalsium dapat memperkuat tulang dan menurunkan risiko penyakit karena kekurangan kalsium, seperti rakitis. Sedangkan, vitamin D juga bisa berfungsi sebagai antioksidan, dan neuroprotektif yang berperan dalam menjaga kekebalan tubuh dan aktivitas otak.

3. Zat Besi

Susu pertumbuhan terbaik sebaiknya mengandung zat besi. Zat besi berperan penting dalam pembentukan hemoglobin yang berfungsi sebagai penghantar oksigen ke seluruh tubuh melalui sel darah merah. Oksigen ini dibutuhkan dalam metabolisme tubuh yang sangat dibutuhkan agar metabolisme tubuh baik dan perkembangan tubuh bisa maksimal.

Selain itu, zat ini juga bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh, kognitif tubuh, dan membentuk jaringan ikat tubuh. Jika, asupan zat besi terpenuhi, maka bisa mencegah anak terkena penyakit anemia.

4. Vitamin C

Vitamin C memiliki beberapa manfaat seperti membantu memperbaiki sel darah merah dan jaringan tubuh serta memperkuat pembuluh darah. Vitamin yang dikenal dengan nama asam askorbat ini juga bisa meminimalkan timbulnya memar karena jatuh, mencegah infeksi karena luka dan mempercepat pengeringan luka.

5. Zink

Zink adalah nutrisi yang dibutuhkan dalam menjaga kekebalan tubuh dan proses metabolisme. Zink merupakan salah satu pembentuk struktur sel dan membantu menstabilkan membran sel dan DNA. Zink juga berperan sebagai antioksidan yang sangat dibutuhkan dalam masa pertumbuhan agar anak tidak mudah terserang penyakit.

6.  Vitamin A

Memberikan susu bag si kecil bisa bermanfaat dalam menjaga kesehatan mata karena salah satu kandungan susu adalah vitamin A. Vitamin A juga berperan dalam meningkatkan imunitas, menjaga kesehatan tulang, dan menurunkan risiko kanker.

Itu dia nutrisi baik yang seharusnya ada dalam susu. Memilih susu tidak boleh sembarangan mengingat pentingnya nutrisi dalam susu bagi kesehatan dan pertumbuhan anak. Memilih susu pertumbuhan terbaik menjadi hal yang prioritas agar pertumbuhan anak bisa optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *