Apa yang Dimaksud CV Lamaran Kerja

Pastinya Anda sudah tidak asing lagi dengan berita teknologi CV lamaran kerja, bukan? Meski begitu, masih banyak yang belum benar-benar tahu apa itu CV dan bagaimana cara membuatnya. Bisa dibilang CV menjadi bagian penting bagi seseorang yang ingin melamar.

Selain itu, CV juga mempunyai kegunaan lain yang masih jarang diketahui, yakni untuk mengajukan beasiswa dan saat ingin melanjutkan pendidikan. Tidak heran jika mengetahui pembuatan CV yang menarik sangat dibutuhkan.

Apa Itu CV Lamaran Kerja

CV merupakan kependekan dari Curriculum Vitae yang merupakan dokumen berisi informasi mendasar tentang diri seseorang. Biasanya, CV mencakup riwayat pendidikan, pengalaman kerja, sampai kualifikasi atau kemampuan seseorang.

Tidak sedikit yang menganggap bahwa CV sama dengan resume. Padahal keduanya mempunyai perbedaan. CV yang berhasil dikemas secara menarik, tentu akan langsung menarik perhatian HRD hanya dalam hitungan detik saja.

Hal inilah yang membuat CV menjadi penentu apakah Anda lolos ke babak seleksi yang berikutnya atau tidak. Saat ini sudah banyak template yang bisa digunakan untuk membuat CV yang menarik.

Jenis-jenis CV Lamaran Kerja

Setelah mengetahui tentang apa itu CV dalam lamaran kerja, ada baiknya untuk mengetahui beberapa jenisnya. Jenis yang pertama adalah CV berdasarkan ketentuan. Jenis ini akan ditentukan oleh perusahaan, lembaga, atau badan yang akan merekrut karyawan.

Jenis yang kedua adalah CV berdasarkan tujuan. Jenis ini dibuat khusus untuk perusahaan yang dituju dan mencakup tujuan atau informasi yang cukup terkait tujuan. Jenis CV yang ketiga adalah CV berdasarkan urutan kronologis.

Jenis CV tersebut akan mengedepankan pendidikan dan pengalaman kerja dalam urutan kronologis. Sementara jenis CV yang terakhir adalah CV berdasarkan keterampilan. Jenis CV ini akan lebih berfokus pada keterampilan dibandingkan pengalaman kerja.

Dikutip Teknobgt.com berikut cara membuat dan contoh CV. Pertama, selalu cantumkan identitas diri. Seperti yang diketahui identitas diri sangat dibutuhkan agar orang bisa kenal. Kedua, cantumkan jenjang pendidikan yang jelas.

Ketiga, cantumkan pengalaman kerja dan pelatihan apa saja yang sudah dilakukan. Semakin banyak pengalaman kerja, tentu saja memberikan nilai lebih. Nah, jika Anda ingin melihat contoh CV lamaran kerja, bisa mengunjungi website Teknobgt.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *