10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik (modern Tahun 2021)

Sabun muka adalah galat satu produk yang berguna untuk menghilangkan kotoran, sebum, & sel kulit tewas dalam wajah. Ada aneka macam macam produk sabun muka, misalnya untuk kulit jerawat, kulit sensitif, atau kulit kering. 

Untuk itu, kami akan merekomendasikan sabun muka terbaik, misalnya Senka, Cetaphil, maupun Sebamed. Ada pula sabun muka merek lokal, misalnya Wardah, Acnes, & Pond’s yg turut kami review untuk Anda. Kami juga akan mengulas cara menentukan sabun muka yg tepat dari kandungan bahan-bahannya. Ada pula komentar menurut dokter seorang ahli kulit, dr. Fitria, lho. Simak hingga habis, ya!Pembaharuan terakhir: 30 November 2021

Profil pakar: Dokter seorang ahli kulit & kelamin, dr. Fitria Agustina

dr. Fitria Agustina, SpKK, FINSDV adalah seseorang dokter spesialis kulit & kelamin lulusan FKUI. Beliau sudah 11 tahun berkecimpung di bidangnya dan aktif pada global keprofesian serta organisasi.

dr. Fitria merupakan owner & founder FitSkinClinic & Wakil Sekretaris Umum PERDOSKI (Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia). Saat ini, dia sedang menempuh pendidikan S3 pada bidang Anti-Aging Medicine. dr. Fitria selalu mengisi konten edukasi kesehatan pada media sosial Instagram-nya.

Sabun cuci muka berperan buat membersihkan keringat, sebum, debu, & sisa makeup. Nah, bahan yang berperan membersihkan ini disebut surfaktan. Ada 2 jenis surfaktan, yakni surfaktan menggunakan detergency bertenaga & surfaktan menggunakan detergency lemah atau ringan. 

Detergency adalah kekuatan atau daya pembersih pada sebuah sabun muka. Oleh karenanya, pilihlah sabun muka dengan daya pembersih yg sesuai dengan syarat kulit Anda.

Sabun muka menggunakan detergency kuat akan membersihkan sebum secara menyeluruh. Jadi, jika digunakan oleh orang-orang berkulit kemarau atau sensitif, produk dengan detergency kuat bisa mengakibatkan kulit makin kemarau.

Sebaliknya, bila orang menggunakan kulit berminyak menggunakan sabun muka dengan detergency lemah, sebumnya tidak akan terangkat menyeluruh. Sebum yang tertinggal pada paras ini nantinya dapat mengakibatkan kasus kulit.

Di sisi lain, jenis kulit seseorang nir bisa langsung ditentukan begitu saja. Kondisi kulit bisa berubah tergantung dalam syarat lingkungan, seperti cuaca, kesehatan fisik dan mental, dan stres. Untuk itu, cermatilah syarat kulit Anda setiap saat supaya dapat memilih sabun muka yg sinkron.

Dokter seorang ahli kulit & kelamin

Berkolaborasi menggunakan ahli: Cara memilih sabun muka

Sebelum masuk dalam bagian rekomendasi produk, kami akan menyebutkan tentang cara menentukan sabun muka yang sempurna. Berikut ini, ada tiga poin cara menentukan yg perlu Anda perhatikan. 

Sesuaikan daya pembersih dengan kondisi kulit Anda

Kondisi kulit bhineka setiap hari. Kunci menjaga kecantikan kulit adalah dengan memilih sabun muka yang tepat sinkron dengan kondisi kulit waktu itu. apabila Anda mencuci muka hanya menggunakan salahsatu jenis surfaktan, mampu saja timbul masalah kulit. Untuk itu, silakan simak penerangan ini dia. 

Saat kulit terasa kemarau, gunakan sabun muka dengan daya pembersih ringan

apabila Anda merasa kulit Anda kering, cucilah menggunakan sabun muka yg mempunyai detergency ringan atau gentle cleanser. Saat kulit kering, tidak terdapat cukup minyak atau air pada kulit muka Anda. Sabun muka menggunakan detergency bertenaga bisa menghilangkan terlalu poly minyak dari kulit Anda & membuatnya makin kemarau. 

Surfaktan berbahan dasar asam amino & amphoteric surfactant memiliki daya pembersih yang lembut atau ringan. Detergency sabun terbilang ringan jika Anda menemukan bahan-bahan di bawah ini tertulis pada deretan atas daftar ingredient.

Jenis asam amino: bahan pembersih yg lembut pada kulit & memiliki detergency ringanPotassium cocoyl glycinateSodium cocoyl glutamateSodium lauroyl methylaminopropionate

Amphoteric surfactant: bahan pembersih yg memiliki detergency ringan & lebih lembut di kulitSodium cocoamphoacetateCocamidopropyl betaine

Saat wajah terasa berminyak, gunakan sabun muka menggunakan daya pembersih yang kuat

Salah satu penyebab kulit terasa berminyak adalah lantaran adanya sebum berlebih pada wajah. Untuk menghilangkan sebum secara menyeluruh, Anda perlu sabun muka menggunakan detergency bertenaga. 

Sabun dengan detergency kuat umumnya memiliki kandungan kalium hidroksida (potassium hydroxide) atau natrium hidroksida (sodium hydroxide). Anda dapat melihat kandungan tersebut dalam perpaduan awal ingredients list.

Selanjutnya, pilihlah sabun muka menggunakan kandungan lauric acid, myristic acid, stearic acid, dan sodium hydroxide. Walaupun nir ditulis pada formasi awal, sabun dengan kandungan tersebut umumnya mempunyai detergency bertenaga. apabila Anda memiliki kulit berminyak, pilihlah sabun muka menggunakan kandungan tadi. 

Untuk kulit sensitif, hindari kandungan bahan yang bisa mengakibatkan iritasi

Untuk Anda yg memiliki kulit sensitif, perhatikanlah dengan lebih akurat kandungan bahan dalam sabun muka. Kami sarankan agar Anda menggunakan sabun muka dengan detergency ringan, seperti sabun muka berbasis asam amino. 

Selain itu, buat kulit sensitif, bahkan kandungan alkohol yang menyegarkan misalnya etanol pun bisa mengakibatkan iritasi. Jika Anda sensitif terhadap alkohol, hindari kandungan alkohol pada sabun muka Anda, ya. 

Saat kulit berjerawat, gunakan sabun muka dengan kandungan acne care

apabila Anda ingin mencegah timbulnya jerawat, usahakan gunakan sabun muka menggunakan kandungan acne care. Sabun muka acne care umumnya mengandung bahan aktif seperti dipotassium glycyrrhizate & isopropyl methylphenol.

Penyebab timbulnya jerawat merupakan pori-pori yang tersumbat oleh sebum dan sel-sel kulit mati yg menumpuk. Oleh karenanya, buat membantu mencegah jerawat, Anda dapat menggunakan sabun muka yg bisa menekan produksi sebum. Anda jua bisa memilih produk noncomedogenic buat mengurangi terbentuknya komedo yang sebagai galat satu penyebab timbulnya jerawat. 

Periksalah terdapat tidaknya kandungan pelembap

Saat memilih sabun muka, Anda jua harus memperhatikan apakah ada rasa kulit terasa ketat atau nir setelah mencuci muka. Alasan mengapa Anda mencicipi kulit terasa ketat sehabis mencuci muka merupakan lantaran sabun muka menghilangkan minyak pada kulit. 

Minyak alami pada wajah inilah yang berperan menaruh kelembapan pada kulit Anda. Untuk itu, krusial sekali bagi Anda menentukan sabun muka menggunakan kandungan pelembap. Kandungan pelembap ini akan berperan menjadi tameng atau pelindung sehingga kulit nir terasa tertarik. Kandungan pelembap yang dimaksud antara lain terdapat ceramide, sodium lactate, & asam amino.

Selain itu, Anda bisa melakukan rangkaian perawatan wajah sehabis mencuci muka. Anda mampu memakai lotion, milk cleanser, & skincare lainnya sehabis mencuci muka buat mengunci kelembapan kulit Anda, ya. 

Dokter spesialis kulit & kelamin

Alasan lain mengapa kulit terasa kesat adalah lantaran pH sabun pencuci wajah yg dipakai sering kali terlalu basa. pH sabun pencuci tadi nir sinkron menggunakan pH kulit sekitar 5.5. Selain itu, suhu air yang dipakai saat mencuci paras terlalu panas (pada atas 38 derajat Celsius) juga menjadi salahsatu alasan. Kedua hal tadi bisa menghambat natural moisturizer factor (NMF) yg masih ada pada lapisan kulit kita.

Pilihlah produk dengan aroma yang Anda sukai

Aroma sabun muka pula tak kalah krusial lantaran Anda akan menggunakannya secara rutin. Hal yg sama pula berlaku buat lotion, emulsion, atau rangkaian skincare lainnya. Produk sabun muka mempunyai majemuk aroma, misalnya aroma bunga, citrus, herba, & masih banyak lagi.

Selain sabun muka menggunakan aroma tertentu, ada pula sabun muka nonfragrance atau tak beraroma. Sabun muka yang demikian ini cocok buat Anda yang sensitif terhadap aroma suatu produk.

Tergantung dalam produknya, aroma sabun muka ada yg kuat dan ada jua yg lembut. Sayang sekali jika Anda enggan menggunakan sabun muka yg telah dibeli karena kurang cocok dengan aromanya. Untuk itu, periksalah aroma sabun muka menggunakan saksamasebelum Anda membelinya. 

10 Rekomendasi sabun muka terbaik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *