Berapa Minggu Masa Kehamilan?

berapa minggu kehamilan

Hitung mundur kehamilan Anda bisa campur aduk dengan cepat. Apakah Anda hamil 13 minggu atau di minggu 14? Trimester pertama atau kedua? Hamil tiga bulan atau empat? Baca juga tentang: HOW MANY WEEKS IS A PREGNANCY. Untungnya, jawabannya (relatif) sederhana setelah Anda tahu apa yang harus dihitung. Inilah yang perlu Anda ketahui tentang berapa minggu, bulan, dan trimester dalam kehamilan – dan di mana Anda cocok.
Berapa minggu dalam kehamilan?

Ada 40 minggu (atau 280 hari) dalam kehamilan. Tanggal jatuh tempo Anda dihitung mulai dari hari pertama periode menstruasi terakhir Anda (meskipun sebagian besar kehamilan tidak dikandung sampai dua minggu kemudian). Ingatlah bahwa hanya sekitar 30 persen kehamilan yang akan mencapai tepat minggu ke-40.
Berapa minggu dalam satu trimester?

Ada 13 atau 14 minggu per trimester. (Cukup bagi 40 dengan tiga dan Anda akan melihat mengapa perinciannya tidak tepat.)
Berapa banyak trimester dalam kehamilan?

Ada tiga trimester dalam kehamilan: trimester pertama, yang berlangsung dari minggu 1 hingga 13, trimester kedua, yang berlangsung dari minggu ke-14 hingga minggu ke-27, dan trimester ketiga, yang berlangsung dari minggu ke-28 hingga minggu ke-40 (dan seterusnya). .
Apakah kehamilan itu sembilan atau 10 bulan?

40 minggu kehamilan Anda dihitung sebagai sembilan bulan. Tapi tunggu … ada empat minggu dalam sebulan, yang berarti 40 minggu 10 bulan. Benar? Tidak persis.

Empat minggu adalah 28 hari, tetapi bulan (dengan pengecualian Februari, tentu saja) memiliki 30 atau 31 hari, membuat setiap bulan sekitar 4,3 minggu.
Berapa minggu kehamilan penuh?

Jika Anda mengandung bayi tunggal, kehamilan jangka penuh adalah antara awal 39 minggu hingga akhir 40 minggu. Jika Anda mengandung anak kembar, kehamilan jangka penuh dianggap setidaknya 38 minggu. Sementara banyak wanita mengalami keputihan, itu tidak sering dikaitkan dengan kehamilan. Tetapi kebanyakan wanita hamil akan mengeluarkan lendir lengket, putih, atau kuning pucat di awal trimester pertama dan sepanjang kehamilan mereka.

Peningkatan hormon dan aliran darah vagina menyebabkan keluarnya cairan. Ini meningkat selama kehamilan untuk mencegah infeksi saat serviks dan dinding vagina Anda melunak. Kunjungi dokter Anda jika debit mulai:

    bau
    membakar
    gatal
    menjadi kuning kehijauan
    menjadi sangat kental atau berair

Ini mungkin tanda-tanda infeksi.
2. Tubuh Anda akan memanas

Ketika Anda pertama kali bangun di pagi hari setelah ovulasi, suhu tubuh Anda sedikit meningkat. Tetap seperti itu sampai Anda mendapatkan menstruasi berikutnya.

Tetapi jika suhu ini, yang dikenal sebagai suhu tubuh basal, tetap tinggi selama lebih dari dua minggu, Anda mungkin hamil.
3. Kepala Anda akan sakit, Anda akan merasa kram, dan Anda akan ingin buang air kecil sepanjang waktu

Perubahan hormon dan volume darah selama kehamilan dapat menyebabkan sakit kepala.

Beberapa wanita juga mengalami kram seperti menstruasi di kedua sisi perut bagian bawah. Dan kebanyakan wanita akan melakukan perjalanan ekstra ke kamar kecil. Itu karena rahim Anda yang tumbuh memberi tekanan pada kandung kemih Anda. Pelajari lebih lanjut tentang inkontinensia kehamilan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *