Pengertian Panel Listrik 3 Phase

Listrik adalah bentuk energi yang tidak dapat dilihat oleh kasat mata namun dapat dirasakan akibatnya. Sedangkan kelistrikan adalah merupakan salah satu yang menjadi materi dasar yang ada pada mata pelajaran elektronika. Pada pelajaran kelistrikan pasti akan mendapati berbagai macam pembahasan yang menurut menarik.

Pengertian Panel Listrik 3 Phase

Mulai dengan menghitung besar tegangan, melakukan konfigurasi, bahkan hingga sampai merangkai panel listrik agar dapat dimanfatkan. Kadang, pembimbing akan menyampaikan materi dominan secara praktek sehingga hingga pelajar menjadi tertarik dan menyukai materi elektronika. Salah satu yang diminati adalah Panel listrik 3 phase yang sangat identik dengan pemasangan yang menggunakan 3 garis arus listrik positif sehingga tegangan yang dihasilkan dari panel 3 phase ini biasanya berkisar antara 380 volt, dan dengan menggunakan 4 kabel SR (3 positif dan 1 negatif).

Kabel SR sendiri adalah merupakan jenis sebuah kabel yang digunakan untuk dapat mengalirkan arus listrik postif serta negatif. Kabel SR negatif dapat ditandai dengan warnanya yang hitam polos, dan kabel SR postif memiliki tanda garis yang halus berwarna putih pada kulit kabelnya.

Panel listrik 3 phase sangat sering dikenal dengan nama kontaktor magnetik, yang berfungsi sebagai tempat mengumpulkan daya medan magnet, yang nantinya dapat menimbulkan arus listrik. Pada akhirnya arus ini nantinya dapat menuju kumparan sehingga menjadi magnet tambahan untuk arus listrik. Pada ilmu elektronika serta kelistrikan akan sangat sering menjumpai instalasi panel listrik 3 phase.

Sebenarnya dalam penggunaan instalasi listrik tersebut tidaklah sulit. Yang harus diperhatikan adalah prinsipnya harus sama dengan cara pasang Khw Meter yang dilakukan PLN. Namun terdapat beberapa hal yang harus perlu diperhatikan ketika pemasangan panel listrik tersebut mulai dari mempersiapkan alat, melakukan pengecekan dan menjalankan harus sesuai dengan standar operasional (SOP).

Kebanyakan listrik 3 phase adalah merupakan sistem yang sering banyak dipakai untuk instalasi skala besar. Baik pada perkantoran, industri, perkampusan, hotel, bahkan mungkin tempat pagelaran, dll yang membutuhkan daya besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *