Perbedaan Penulisan Cover Letter Berdasarkan Pengiriman Beserta Contohnya

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris Beserta Contohnya

Ketika menulis cover letter diharapkan memahami struktur penulisan cover letter yang meliputi paragraf pembuka, paragraf isi dan paragraf penutup.

Pada paragraf pembuka dapat disampaikan mengenai ketertarikan dan latar belakang yang relevan dengan bidang kerja yang diinginkan.

Pada paragraf isi menyebutkan pencapaian selama bekerja dan akademis yang ingin disebutkan. Hal tersebut bertujuan untuk menunjukkan kualitas yang dimiliki.

Pada paragraf penutup sampaikan harapan dan meyakinkan perekrut mengenai pengalaman dan kemampuan yang dimiliki dapat berkontribusi baik bagi perusahaan.

Dalam penulisan cover letter terdapat perbedaan antara penulisan secara langsung dan lewat email.

Agar lebih memahami perbedaannya, berikut ini contoh cover letter yang ditulis dan dikirim secara langsung yaitu berupa dokumen.

 

(Alamat)

(Tanggal)

 

Yth Bapak/Ibu (Jabatan dan Nama)

(Alamat Perusahaan)

 

Sebagai seorang (Profesi sebelumnya) yang memiliki beberapa pengalaman, saya sangat tertarik dengan pembukaan lowongan kerja (Posisi pekerjaan) di PT (nama perusahaan). Sebelumnya saya bekerja sebagai (posisi yang relevan) di PT (Nama Perusahaan) selama (Berapa tahun). Saya bertanggungjawab mengatur:

 

(deskripsikan poin-poin tanggung jawab pekerjaan sebelumnya yang relevan)

Secara konsisten saya (deskripsikan pencapaian dan prestasi pekerjaan).

 

Pada tahun 2020, perusahaan melakukan restrukturasi dan akhirnya posisi saya dihapuskan.

Saya yakin dengan pengalaman dan etika saya, saya akan mampu meningkatkan performa perusahaan (sebutkan target sesuai bidang). Jika Bapak/Ibu atas pengalaman saya akan mampu memberikan kontribusi positif bagi perusahaan Bapak/Ibu,maka bisa menghubungi saya di nomor kontak atau email saya.

 

Terimakasih atas perhatian Bapak/Ibu.

Hormat saya

 

(Nama lengkap)

(Nomor Kontak dan Email)

 

 

(Alamat)

(Tanggal)

 

Pada cover letter yang dikirim lewat email maka harus mengetahui nama kepala divisi kerja dalam perusahaan yang ingin dilamar. Apabila tidak terdapat dalam lowongan kerja maka dapat dicari melalui internet. Pada website perusahaan biasanya ditulis informasi mengenai perusahaan tersebut termasuk informasi mengenai perekrut atau HRD perusahaan.

 

Ketika menulis email diperhatikan penulisan subjek email yang sesuai dengan ketentuan dari perusahaan yang dilamar.Lebih jelasnya, berikut ini contoh cover letter yang dikirim lewat email.

 

Salam Bapak/Ibu (Nama Perekrut/Kepala Divisi)

 

Sebagai peminat inisiatif pemasaran (Nama Perusahaan), saya sangat tertarik saat membaca informasi untuk posisi Manager Pemasaran Digital di perusahaan (Nama Perusahaan). Saya yakin dapat membantu tim Anda untuk mencapai sasaran di masa depan. Saya memiliki pengalaman memimpim kampanye online nasional yang sukses dengan anggaran lebih dari Rp4.000.000.0000,00. Terlebih lagi, saya berhasil memperluas basis klien (Nama Perusahaan Lama) sebesar 19% sejak 2011.

 

Dalam posisi saya saat ini di (Nama Perusahaan Lama), saya bertugas merencanakan dan mengawasi seluruh fase insiatif pemasaran online baik secara teknis dan kreatif. Tahun lalu, tantangan utama saya adalah merancang dan mengoptimalkan Sembilan situs produk untuk produk (Nama Perusahaan Lama) yang paling strategis dan meningkatkan hasil SEO dan UX.

 

Berikut ini pencapaian yang telah saya capai setahun kemudian.

Delapan dari Sembilan situs web yang saya optimalkan telah mencapai 3 hasil teratas di Google. Ini merupakan hasil organic dan tidak berbayar untuk 10+ istilah penelusuran utama.

Saya tahu bahwa rencana (Nama Perusahaan) saat ini melibatkan pengembangan portal online yang focus pada masalah terkait perawatan kesehatan. Proyek ini sangat cocok untuk kepentingan pribadi dan professional saya serta kesempatan menarik untuk menciptakan basos pengetahuan yang unik.

 

Saya ingin memanfaatkan pengetahuan tentang pemasaran SEO dan pemasaran pertumbuhan online untuk mencapai hasil yang luar biasa.

Saya akan menyambut baik kesempatan untuk mendiskusikan tujuan pemasaran digitas Anda dan menunjukkan kepada Anda mengenai kesuksesan saya di (Nama Perusahaan Lama) dapat diterapkan ke dalam pertumbuhan pemasaran digital da online untuk (Nama Perusahaan). Saya dapat dihubungi melalui kontak balasan email ini dan kontak telepon.

 

Hormat saya

 

(Nama Lengkap)

(Alamat Email dan Nomor Kontak)

 

Demikianlah perbedaan penulisan cover letter berupa dokumen dan pengiriman lewat email.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *