Berikut Ini, Beberapa Ciri-ciri Wanita Yang Sedang Hamil

6 Ciri-Ciri Hamil Bayi Perempuan | Popmama.com

Ketidakpahaman seseorang terhadap masa kehamilan membuat banyak sekali kejadian fatal yang seharusnya tidak terjadi. Seharusnya ciri ciri hamil anak perempuan perlu diketahui apalagi jika sudah menikah. Bahkan tanda dan gejala kehamilan sudah terdeteksi sebelum seorang wanita mengalami haid bagi beberapa orang.

Karena setiap perempuan memiliki gejala atau tanda kehamilan yang bervariasi, maka dari itu kita sebagai wanita harus bisa mengetahui tanda atau gejala kehamilan secara menyeluruh. Nah, berikut ini informasi seputar beberapa cirri-ciri wanita yang sedang hamil.

  1. Perubahan payudara

Crii pertama yang mudah untuk teridentifikasi pada wanita hamil yaitu payudara yang berubah menjadi lebih padat, sensitif, dan kencang. Hal itu terjadi karena perubahan hormon yang biasa terjadi pada awal kehamilan. Selain itu bagian puting terlihat lebih menonjol dan berwarna gelap ketimbang biasanya. Adapun pembuluh darah yang terlihat lebih jelas pada permukaan payudara wanita hamil.

  1. Sering buang air kecil

Ciri-ciri selanjutnya yaitu wanita biasanya lebih sering buang air kecil daripada biasanya disaat masa awal kehamilan khususnya terjadi pada malam hari. Hal tersebut terjadi karena perubahan hormon serta bertambahnya jumlah cairan tubuh. Adapun keinginan untuk buang air kecil yang lebih sering daripada biasanya terjadi pada tahap kehamilan masa selanjutnya. Hal tersebut disebabkan karena rahim yang membesar sehingga menekan kantong kemih.

  1. Lebih cepat merasa lelah

Ciri-ciri selanjutnya mungkin akan sangat terasa pada wanita hamil yaitu merasa cepat lelah daripada biasanya. Mungkin saja hal itu disebabkan karena tanda kehamilan awal dan bisa terus berlanjut pada trimester tahap awal kehamilan. Rasa lelah tersebut biasanya muncul karena meningkatnya kadar hormone progesterone. Selain itu terjadi pula peningkatan jumlah darah, detak jantung, serta metabolism tubuh yang dapat membuat ibu hamil merasa lebih lelah dari biasanya.

Hal tersebut tentu harus diatasi, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi makanan yang bernutrisi dan istirahat dengan cukup. Selain itu hindari olahraga atau aktivitas yang berlebihan dan jangan mengonsumsi kafein.

  1. Mual dan muntah

Tentunya cirri yang satu ini sudah umum diketahui yaitu mual dan muntah yang terjadi pada awal masa kehamilan. Lebih spesifiknya, biasnaya ciri ini terjadi pada masa kehamilan 6 minggu atau lebih awal. Tenang saja sebab, mual dan muntah biasanya akan hilang pada usia kehamilan 12 hingga 16 minggu.

Kamu juga dapat mencegah mual dan muntah dengan menjaga kondisi perut agar tidak kosong. Tetap mengonsumsi makanan meskipun dengan porsi yang sedikit namun rutin. Atau kamu bisa juga mencoba metode lain dengan mengonsumsi permen mint, jahe dan permen dengan rasa yang menyegarkan.

  1. Indra penciuman sensitif

Masa kehamilan membuat tubuh mengalami perubahan hormon dan akan berdampak pada indra penciuman yang menjadi lebih tajam atau sensitive. Selain itu, perubahan tersebut bisa membuat wanita hamil menjadi mual ketika mencium aroma-aroma tertentu apalagi aroma tersebut benar-benar tidak disukai olehnya. Beberapa aroma tersebut bisa saja darang dari parfum, bau makanan, atau asap rokok. Untuk itu hindari bau-bau yang dirasa tidak disukai dan jangan pernah merokok didekat wanita hamil.

Nah itulah beberapa inforamsi yang dapat kami sampaikan speutar beberapa ciri-ciri wanita hamil. Adapun beberapa ciri lainnya yaitu hilangnya nafsu makan, konstipasi, suasana hati tak menentu, pusing, dan vagina yang mengeluarkan bercak darah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *