Ucapan Belasungkawa Yang Biasa Digunakan Oleh Umat Kristiani

25 Ucapan Belasungkawa Turut Berduka Cita Agama Kristen

Ditinggalkan oleh seseorang yang berharga dalam hidup kita untuk selama – lamanya memang bukan perkara yang mudah. Namun hal seperti kematian bukanlah sebuah hal yang bisa dihindari oleh makhluk hidup manapun. Sehingga cara terbaik yang bisa kita lakukan saat orang terdekat kita berpulang ke pangkuan Tuhan adalah dengan selalu mendoakannya dan mengiklaskannya agar jalannya menuju Tuhan lebih mudah.

Meskipun terdengar mudah tetapi perihal mengiklaskan orang terdekat kita pergi untuk selama – lamanya bukanlah perihal yang mudah. Tidak sedikit orang yang membutuhkan waktu serta dukungan yang besar dari orang di sekitarnya agar bisa iklas dan bangkit kembali. Biasanya di tahap ini orang yang sedang berduka paling membutuhkan peran dari orang – orang di sekitarnya.

Sebagai sesama manusia sudah semestinya kita saling menguatkan jika ada orang yang sedang mengalami kesulitan terutama orang terdekat kita. Salah satu cara yang bis akita lakukan untuk menunjukan dukungan kita kepada orang yang sedang berduka yaitu dengan menemaninya atau memberi ucapan yang bisa menenangkan hatinya.

Ucapan pertama yang bis akita berikan jika kita mendapat kabar duka adalah memberikan ucapan belasungkawa. Dalam Kristen ada beberapa ucapan belasungkawa yang biasa diberikan jika ada kerabat atau orang terdekat kita yang meninggal. Untuk lebih jelasnya berikut contoh beberapa ucapan belasungkawa agama Kristen.

  • Turut berbelasungkawa atas meninggalnya (sebut nama orang yang meninggal) Semoga ia tenang di alam sana. Kehilangan seseorang yang sangat dicintai memang bukanlah hal yang sulit untuk diterima. Namun, akan lebih menyakitkan lagi jika kita tidak bisa mengikhlaskan kepergiannya. Biarkan dia yang telah pergi meninggalkan kita terlebih dahulu tenang di alam sana.
  • Turut berduka cita atas kembalinya (sebut nama orang meninggal) ke pangkuan Bapa di Surga. Selamat jalan (sebut nama orang yang meninggal) Ya Tuhan, kami tahu kiranya semua makhluk yang hidup di dunia pasti akan ada masanya menemui sang pencipta. Semoga Engkau, menerima arwah saudara kami dengan tangan-Mu yang terbuka lebarmenyambutnya dan menempatkannya di tempat yang terindah.Kiranya Tuhan Yesus Kristus memberikan kekuatan dan penghiburan pada keluarga yang ditinggalkan., tabahkanlah keluarga yang sedang dilanda musibah.
  • Kami sekeluarga mengucapkan turut berduka cita atas kepergian (sebut nama orang yang meninggal). Semoga ia tenang di sisi-Nya dan mendapatkan tempat terindah di surga Bapa.”
  • Tuhan lebih mengetahui siapa manusia yang berperilaku baik dan siapa manusia yang berperilaku buruk. Kembalinya (sebut nama orang yang meninggal) ke tangan Tuhan mungkin karena dia merupakan salah satu orang baik yang dicintai Tuhan. Semoga  dosa-dosa (sebut nama orang yang meninggal) diampuni dan semoga ia tenang di sisi-Nya. Sebagai manusia mungkin kita memang mempunyai banyak rencana. Namun, nyatanya Tuhan selalu mempunyai rencana yang lebih baik daripada apa yang kita rencanakan. Sekali lagi turut berduka cita atas kepergiannya. Semoga ia tenang di surga Bapa.
  • Turut berduka cita atas kepergian (sebut nama orang yang meninggal) Ketahuilah bahwa orang yang engkau kasihi adalah orang yang baik, Ia adalah hamba Tuhan yang selalu mendengarkan dan turut perintah Tuhan maka yakinlah di Mazmur 116:15 ‘Berharga di mata Tuhan kematian semua orang yang dikasihi-Nya. Yakinilah bahwa kematian pada orang tersebut merupakan sebuah tanda bahwa Tuhan lebih mengasihi orang tersebut lebih dari siapapun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *