Ketahuilah Doa Iftitah Pendek dan Panjang, Latin hingga Artinya

Bacaan Doa Iftitah Latin Bahasa Indonesia Lengkap dengan Artinya | Indozone .id

Sebagai orang muslim, kita perlu melaksanakan sholat wajib 5 waktu, yaitu sholat Subuh, Dzukur, Ashar, Magrib, dan Isya dengan rakaat yang berbeda-beda. Setiap rakaat memiliki lafaz bacaan dan gerakan yang berbeda, seperti pada pembuka sholat ada yang dinamakan doa iftitah.

Doa iftitah dibacakan setelah Anda melakukan takbiratul ihram atau sebelum membaca surat Al-Fatihah. Berikut ini terdapat beragam doa iftitah latin yang bisa Anda lafazkan saat melaksanakan sholat, antara lain:

  1. Doa Iftitah Pertama

Berikut ini terdapat doa iftitah pendek yang dapat dilafazkan saat sholat, yaitu:

Latin:

Allahu akbar kabiiro, wal hamdulilahi katsiroo, wa subhanallahi bukrotaw wa ashiila.

Artinya:

Allah Maha Besar dengan segala kebesaran, segala puji bagi Allah dengan pujian yang banyak, Maha Suci Allah, baik waktu pagi dan petang(HR. Muslim)

  1. Doa Iftitah Kedua

Latin:

Allahumma baa’id bainii wa baina khotooyaaya, kama ba’adta bainal masyriqi wal maghribi. Allahumma naqqinii minal khotooyaya kamaa yunaqiyatsaubul abyadu minaddanas. Allahummaghsil khotoyaaha bil maa i watsalji wal barodi.

Artinya:

“Ya Allah, jauhkanlah antara aku dan kesalahanku sebagaimana Engkau telah menjauhkan antara timur dan barat. Ya Allah, sucikanlah kesalahanku sebagaimana pakaian yang putih disucikan dari kotoran. Ya Allah, cucilah kesalahanku dengan air, salju, dan air dingin” (HR.Bukhari).

  1. Doa Iftitah Ketiga

وَالْااَرْضَ حَنِيْفًا مُسْلِمًا وَمَا اَنَا مِنَ الْمُشْرِكِيْنَ . اِنَّ صَلَاتِيْ وَنُسُكِيْ وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِيْ لِلهِ رَبِّ الْعَا لَمِيْنَ . لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَبِذَ لِكَ اُمِرْتُ وَاَنَ مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ .

Latin:

Allaahu akbaru Kabiraa Walhamdulillaahi Katsiiraa, Wa Subhaanallaahi Bukratan Wa’ashiilaa, Innii Wajjahtu Wajhiya Lilladzii Fatharas Samaawaati Wal Ardha Haniifan Musliman Wamaa Anaa Minal Musyrikiin. Inna Shalaatii Wa Nusukii Wa Mahyaaya Wa Mamaatii Lillaahi Rabbil ‘Aalamiina. Laa Syariikalahu Wa Bidzaalika Umirtu Wa Ana Minal Muslimiin.

Artinya:

“Allah Maha Besar dengan sebesar-besarnya, segala puji bagi Allah dengan pujian yang banyak. Maha Suci Allah pada waktu pagi dan petang. Sesungguhnya aku hadapkan wajahku kepada Allah yang telah menciptakan langit dan bumi dengan segenap kepatuhan atau dalam keadaan tunduk, dan aku bukanlah dari golongan orang-orang yang menyekutukan-Nya. Sesungguhnya sholatku, ibadahku, hidup dan matiku hanyalah untuk Allah Tuhan Semesta Alam, yang tidak ada sekutu bagi-Nya. Dengan yang demikian itulah aku diperintahkan. Dan aku adalah termasuk orang-orang muslim (Orang-orang yang berserah diri).”

Keutamaan Membaca Doa Iftitah

Setiap sholat yang dijalani umat muslim memiliki bacaan-bacaan yang wajib untuk dilafazkan, begitu juga dengan doa iftitah. Doa iftitah memiliki keutamaan, terutama dari arti kandungan yang memiliki berbagai makna yang indah dan doa iftitah juga menunjukkan penghambaan dari umat muslim kepada Allah SWT.

Tetapi, mayoritas ulama menyatakan bahwa membaca doa iftitah tidak wajib atau hukumnya sunnah saat Anda melaksanakan sholat wajib atau sunnah, baik bagi imam maupun makmum saat sholat sendiri ataupun berjamaah.

Itulah ulasan mengenai doa iftitah pendek dan panjang yang memiliki keutamaannya bagi umat muslim. Apakah Anda sudah memahami tentang doa iftitah sebagai bacaan dalam sholat wajib dan sunnah?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *