Nilai Valuasi Mencapai $10 Miliar. Apa Itu Startup Decacorn?

 

Setiap perusahaan startup pasti bermimpi bisa mencapai tahapan unicorn yang sudah memiliki nilai valuasi minimal $1 miliar. Tahapan apa lagi yang bisa dicapai setelah Unicorn? Apa tahapan tertinggi dari nilai perusahaan startup? Pahami disini!

Apa Itu Startup Decacorn?

Decacorn merupakan jenis perusahaan rintisan yang saat ini sudah memiliki nilai valuasi lebih dari $10 miliar. Bahkan menurut CBInsights, saat ini saja sudah ada 18 Decacorn yang ada di dunia ini dan 10 nya berasal dari Amerika Serikat.

Toutiao (ByteDance) merupakan sebuah perusahaan media digital/AI China yang berada di urutan teratas dengan nilai valuasi saat ini saja sudah mencapai $75 miliar yang diikuti oleh Uber dengan nilai valuasi $72 miliar.

Terdapat sepuluh perusahaan Decacorn teratas pada tahun 2022, terdiri dari Bytedance, SpaceX, Stripe, Klarna, Epic Games, Cana, Instacart, dan Databricks. Dengan munculnya teknologi konsumen yang mampu menarik pelanggan di seluruh dunia, Unicorn tidak lagi menjadi aturan.

Beberapa dekade yang lalu, penilaian milyaran dolar merupakan posisi yang kuat yang memungkinkan perusahaan yang berada dalam posisi ini untuk menciptakan keuntungan jangka panjang.

 

Perkembangan Decacorn  

Decacorn merupakan perusahaan swasta yang telah didukung ventura dengan nilai mencapai lebih dari $10 miliar.

Perusahaan pertama yang mencapai status Decacorn adalah Facebook atau sekarang disebut dengan Meta dengan nilai mencapai $10 miliar pada tahun 2007 setelah investasi $240 juta dari Microsoft.

Decacorn ini merupakan jenis perusahaan rintisan yang biasanya dinilai berdasarkan potensi pertumbuhan perusahaan dan bukan pada kinerja keuangan perusahaan terkait. Ketika perusahaan yang berstatus Decacorn sudah diakuisisi atau go public, maka perusahaan ini tidak bisa lagi disebut sebagai Decacorn.

 

Perbedaaan Decacorn Dengan Unicorn Dan Hectocorn

Perbedaan dari perusahaan startup ini terletak pada nilai valuasi dari masing-masing perusahaan. Unicorn pertama kali diciptakan pada tahun 2013 oleh Aileen Lee seorang pendiri dari perusahaan modal ventura tahap seed yang asalnya dari Amerika Serikat.

Unicorn merupakan perusahaan startup yang memiliki nilai perusahaan bernilai 10 miliar dolar sedangkan Hectocorn merupakan perusahaan startup yang memiliki nilai valuasi mencapai 100 miliar dolar.

Nilai valuasi dari perusahaan startup biasanya ditentukan dari putaran pendanaan perusahaan modal ventura beserta jumlah dana yang diberikan ketika perusahaan yang bernilai lebih besar membeli perusahaan startup terkait.

 

Beberapa Perusahaan Decacorn Di Dunia

Berikut beberapa perusahaan Decacorn yang sudah tersebar hingga kini :

  1. ByteDance

ByteDance merupakan aplikasi seluler yang berasal dari Tiongkok dan bergerak dalam bidang media sosial dan aplikasi penemuan konten seperti TikTok dan Douyin. Bahkan ByteDance sudah memiliki jumlah tim yang terdiri dari 60.000 karyawan dan 15 pusat penelitian untuk pengembangan di seluruh dunia.

  1. Canva

Canva merupakan jenis aplikasi dan website dalam bidang desain grafis asal Australia yang sudha menjadi perusahaan Decacorn pada September 2021 setelah mengumpulkan dana senilai $200 juta dalam investasi ekuitas swasta yang setara dengan $40 miliar.

Hal inilah yang menjadikan Canva sebagai salah satu startup yang paling berharga kelima di dunia setelah Klarna, SpaceX, dan Stripe.

Canva merupakan salah satu platform yang menyediakan banyak desain gratis kepada para penggunanya yang sangat terkenal dan bisa diakses oleh seluruh pengguna. Platform ini bekerja mengikuti model freemium dimana pengguna akan diminta untuk berlangganan dengan Canva Pro untuk mendapatkan lebih banyak lagi fitur dengan harga $12,99 per bulannya.

Layanan lain yang ikut disediakan oleh Canva adalah Canva print yang memungkinkan para pengguna untuk mencetak desain yang dipilih secara online, yang bisa dijual sekaligus, dan Canva akan mendapatkan bagian dari penjualan tersebut.

Sekarang ini, Canva sudah memiliki lebih dari 500.000 pelanggan yang membayar untuk menggunakan layanan Canva ini dimana kebanyakan lainnya berasal dari klien korporat seperti PayPal, Zoom, dan American Airlines.

  1. Uber

Uber menjadi perusahaan Unicorn dengan nilai valuasi setara dengan $ 1 miliar pada tahun 2009 dan beralih menjadi Decacorn setelah lima tahun berstatus Unicorn.

Layanan Uber kini tersedia di lebih dari 10.000 kota yang ada di seluruh dunia yang berencana menjalakan kendaraan sepenuhnya dengan listrik.

  1. Didi Chuxing

Didi Chuxing juga menjadi layanan transpportasi yang berbasis di Tiongkok yang memberikan pelayanan seperti tumpangan social, memanggil taksi, sopir, dan berbagi sepeda. Bahkan perusahaan juga mengizikan untuk kegiatan sewa kendaraan kepada para pelanggannya.

Didi Chuxing menjadi perusahaan Decacorn pada tahun 2014 setelah dua tahun beroperasi di dunia transportasi bahkan di masa pandemic, perusahaan ini mampu memfasilitasi 60 juta perjalanan harian.

 

Industri Terkait Decacorn

Decacorn erat kaitannya dengan industry media digital/AI, fasilitas, eCommerce, transportasi, data besar, elektronik konsumen, game, social, Blockchain, bioteknologi, perangkat keras dan layanan komputer, perangkat lunak dan layanan internet, perangkat keras.

Apa Decacorn Paling Besar Di Dunia?

Pada tahun 2019, Platform CB Insights menilai 17 perusahaan sebagai Decacorn dengan ByteDance China sebagai Decacorn yang paling besar dengan nilai evaluasi mencapai $75 miliar. Beberapa Decacorn terkenal lainnya adalah Airbnb nilai valuasi mencapai $29,3 miliar dan Fortnite Epic Games yang mencapai nilai valuasi sebesar $ 15 miliar.

 

Apakah Shopee Termasuk Decacorn?

Ternyata Shopee sudah bukan bagian dari perusahaan Unicorn lagi melainkan sudah naik tingkat di perusahaan Decacorn. Shopee merupakan layanan belanja online yang pertama kali diluncurkan pada tahun 2015 dan sudah meluaskan jangkauannya di Negara Malaysia, Thailand, Indonesia, Vietnam, dan Filipina.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *