Perkembangan Internet di Indonesia

Dari tahun ke tahun, perkembangan teknologi informasi bergerak begitu pesat. Berkat kecanggihan teknologi, masyarakat Indonesia juga merasakan dampaknya. Oleh karena itu, sudah sepatutnya kita ketahui perkembangan internet di Indonesia.

Sejarah Internet di Indonesia

Boleh dibilang, Indonesia adalah sebuah negara yang tidak bisa terlepas dari kemajuan teknologi informasi. Sejak kapan masyarakat Indonesia menikmati layanan jaringan internet ? Yuk kita simak dalam pembahasan sejarah perkembangan internet di Indonesia berikut ini.

1.      Masuknya Internet ke Indonesia

Awal pembangunan internet Indonesia yaitu pada tahun 1992 hingga 1994. UI-NETLAB (192.41.206/24) merupakan IP atau Protokol Internet pertama dari Indonesia yang didaftarkan oleh Univesritas Indonesia tepatnya pada 24 Juni 1988 lalu.

Adapun personal yang turut berkontribusi dalam membangun cuplikan sejarah jaringan komputer di Indonesia yaitu RMS Ibrahim, Suryono Adisoemarta, Muhammad Ihsan, Robby Soebiakto, Putu, Firman Siregar, Adi Indrayanto dan Onno W. Purbo.

2.      Internet Service Provider Indonesia

Pada tahun 1994-an, mulailah beroperasi ISP komersial pertama Indonesia, yaitu IndoNet. Akses awal di IndoNet memakai mode teks dengan shell account, browser lynx dan email client pine serta chatting dengan conference pada server AIX tepatnya pada tahun 1995.

Sekitar tahun 1995, pengguna internet di Indonesia dapat mengakses HTTP. Lalu perkembangan terakhir yang paling menonjol dan perlu diperhitungkan yaitu munculnya tren ke arah e-commerce.

3.      Pengguna Awal Internet Lewat CIX dan Compuserve

Sejak tahun 1988 mulailah ditawarkan jasa E-mail dan Newsgroup oleh CIX (Inggris). Beberapa pengguna internet memakai modem 1200 bps dan saluran telepon Internasional untuk akses internet.

4.      Pengguna Internet Indonesia Sekarang

Jumlah pengguna internet di Indonesia dari tahun ke tahun terus mengalami kenaikan. Tercatat pada tahun 2016 sejumlah 132,7 juta user dari total jumlah penduduk Indonesia sebesar 256,2 juta. Jumlah ini terus mengalami perkembangan hingga saat ini.

Demikianlah pembahasan seputar perkembangan jarimgan internet di Indonesia hingga saat ini. Dapat disimpulkan bahwa perkembangan internet dari tahun ke tahun mengalami perkembangan yang sangat pesat. Jangan lupa bagikan artikel ini jika dirasa bermanfaat ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *